Penegakan Hukum Pada Pengelolaan Limbah Industri Tekstil Di Kabupaten Karanganyar (Studi Atas Peran Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar)

Ayuningtyas, Oktaviani Puspitasari and -, Dr. Arief Budiono, S.H., M.H. (2024) Penegakan Hukum Pada Pengelolaan Limbah Industri Tekstil Di Kabupaten Karanganyar (Studi Atas Peran Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
SKRIPSI REVISI-1-12.pdf

Download (605kB)
[img] PDF (Bab I)
SKRIPSI REVISI-13-29.pdf

Download (378kB)
[img] PDF (Bab II)
SKRIPSI REVISI-30-53.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab III)
SKRIPSI REVISI-54-85.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab IV)
SKRIPSI REVISI-86-87.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
SKRIPSI REVISI-88-93.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Lampiran)
SKRIPSI REVISI-94-96.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
OKTA NASPUB.pdf

Download (292kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PERPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Proses produksi tekstil dapat menghasilkan limbah yang masuk dalam kategori limbah berbahaya dan beracun (limbah B3) dan berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan. Kabupaten karanganyar merupakan salah satu kota produsen tekstil yang masih aktif melakukan proses produksi, untuk itu dibutuhkan penjaminan penegakan hukum lingkungan guna menghindari dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Berlakunya Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menjadi langkah nyata pemerintah daerah dalam penegakan hukum lingkungan. Ditemukan kasus pelanggaran pengelolaan limbah pada beberapa pabrik industri tekstil ini membuat DLH Karangnyar mengeluarkan sanksi terhadap pemilik industri tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi KLH wilayah karanganyar dan upaya penegakan hukum lingkungan oleh Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar pada Perusahaan tekstil dalam pengelolaan limbah tekstil. Pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder serta menggunakan strategi analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, peraturan mengenai pengelolaan limbah industri tekstil kabupaten Karangnyar telah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dimana Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar memiliki hak dan kewenangan melaksanakan ketentuan ini. Kedua, penegakan peraturan dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan, yaitu melalui sanksi teguran secara lisan maupun sanksi administrative sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sanksi administratif yang dijatuhkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar dapat berupa teguran tertulis, paksaan pemerintah, denda administratif, pembekuan Perizinan Berusaha, dan/atau pencabutan Perizinan Berusaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Limbah tekstil, Pencemaran, dan Pengelolaan Limbah
Subjects: K Law
K Law > Law (General)
K Law > Indonesia Law
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: OKTAVIANI PUSPITASARI AYUNINGTYAS
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:32
Last Modified: 19 Aug 2024 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127168

Actions (login required)

View Item View Item