Ash Shiddiqi, Ilham Jimly and , Mohammad Zaki Azzani, S.Thi, M. Ed., Ph.D and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2024) Urgensi Kitab At-Tijan Fi Syu'ab Al-Iman Dalam Peningkatan Nilai Akidah Dan Akhlak Dalam Pembelajaran PAI (Studi Di SMA Al-Islam 1 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi ilmiah.pdf Download (274kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Pertama.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran dan Hasil Turnitin.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan umat islam, khususnya remaja yang telah jauh dari agamanya, yang mana banyak dijumpai dari mereka jauh dari ibadah, pergaulannya bebas, pola pikir yang kotor, dan masih banyak masalah yang lain, maka hal ini adalah persoalan akidah yang harus diselesaikan dalam pendidikan. Pembelajaran hadis yang dilakukan di SMA Al-Islam 1 Surakarta dalam rangka peningkatan akidah dan akhlak pada peserta didik, dimana pembelajaran dengan kitab At-Tijan fi Syu'ab Al-Iman sudah dilestarikan dari sejak berdirinya hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep akidah dan akhlak yang terdapat dalam kitab At-Tijan fi Syu'ab Al-Iman, Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran-Nya, serta mendeskripsikan perspektif siswa dan guru tentang kitab At-Tijan fi Syu'ab Al-Iman dalam peningkatan nilai akidah dan akhlak. Penelitian lapangan dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang valid untuk mendukung penelitian ini. Peneliti menerapkan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data sebagai teknik analisis. Triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep akidah ditinjau dari kitab At-Tijan fi Syu'ab Al�Iman menekankan pada tauhid uluhiyah, yaitu pengibadahan kepada Allah secara totalitas. Sedangkan pada konsep akhlak terbagi menjadi dua, yaitu akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (mazmumah). Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas dan pembelajaran berbasis Proyek, kemudian Pelaksanaan penanaman nilai akidah dan akhlak mulia dilakukan melalui tahap perencanaan yang dilaksanakan dengan koordinasi guru pengajar, pengorganisasian melalui pembagian materi pembelajaran bab-bab dalam Kitab, pelaksanaan kegiatan, serta pengawasan dan evaluasi dari hasil pelaksanaan, sehingga perspektif guru dan murid terhadap penggunaan Kitab At�Tijan fi Syu’ab Al-Iman menjadi penting digunakan untuk meningkatkan akidah dan akhlak siswa di SMA Al-Islam 1 Surakarta.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab At-Tijan fi Syu’ab Al-Iman, Akidah, Akhlak |
Subjects: | E Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with username o100220032 |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 04:11 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127081 |
Actions (login required)
View Item |