ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

TRIWIBOWO, LARTO (2011) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab.1)
Bab_I_Larto.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (HAl.DEPAN)
Halaman_Depan_Larto.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (DAFT AR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka_Larto.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran_Larto.pdf

Download (772kB)
[img] PDF (Bab.2.3.4.5)
B100060173.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel sosial, kultural, psikologikal dan personal terhadap keputusan menabung di bank syariah dan mengetahui variabel apakah yang paling dominan dalam pengambilan keputusan menabung di bank syariah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi UMS. Untuk jumlah sampel adalah 60 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel Sosial (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, karena nilai thitung < ttabel (2,141 > 2,004). Variabel Kultural (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, karena nilai thitung < ttabel (0,848 < 2,004. Variabel Psikologikal (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, karena nilai thitung < ttabel (1,133 < 2,004). Variabel Personal (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, karena nilai thitung < ttabel (4,839 > 2,004). Hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung > Ftabel = 20,678 > 2,53; sehingga variabel sosial, kultural, psikologikal dan personal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah. Variabel personal (X4) adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan menabung di bank syariah, karena variabel personal mempunyai koefisien beta yang lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel yang lain, yaitu sebesar 0,890. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,601; hal ini berarti menjelaskan bahwa variasi perubahan variabel keputusan menabung di bank syariah dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, lokasi, dan promosi sebesar 60,1%, sedangkan sisanya sebesar 39,9% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosial, Kultural, Psikologikal, Personal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 30 May 2011 10:20
Last Modified: 30 May 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12698

Actions (login required)

View Item View Item