ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN (Studi Pada Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar Surakarta)

Setyaningsih, Mamik Wahyu (2008) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP JASA PELAYANAN (Studi Pada Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100_040026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian adalah mengetahui dan menganalisis hubungan antara karakteristik konsumen dengan persepsi konsumen terhadap jasa pelayanan pada Bengkel Suzuki Indosolo di jajar Surakarta berdasarkan kecepatan, keramahan, keahlian dan fasilitas ruang tunggu yang disediakan dan mengetahui hubungan mana yang paling erat. Sehingga hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah perbaikan dan penyempurnaan usahanya. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara karakteristik konsumen dengan persepsi konsumen terhadap jasa pelayanan pada Bengkel Suzuki Indosolo diJajar Surakarta digunakan alat analisis korelasi dan koefisien korelasi linier (uji t). Populasi dari penelitian ini adalah orang-orang yang pernah menggunakan jasa Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar Surakarta, sedangkan sampelnya yaitu 100 orang yang pernah menggunakan jasa Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar Surakarta dengan teknik pengambilan sampel random/probability sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji t untuk hubungan antara usia dengan kecepatan diperoleh thitung = 4,054 > 1,661; untuk hubungan antara usia dengan keramahan diperoleh nilai thitung = 2,754 > 1,661 dan untuk hubungan antara variabel usia dengan fasilitas ruang tunggu diperoleh nilai thitung = 2,052 > 1,661. Hal ini menunjukkan bahwa usia mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kecepatan, keramahan dan fasilitas ruang tunggu dalam mempengaruhi persepsi konsumen untuk menggunakan jasa Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar Surakarta. Sedangkan hubungan antara usia dengan keahlian diperoleh nilai thitung = 1,605 < 1,661 menunjukkan tidak adanya hubungan antara usia dengan keahlian. Hasil uji t untuk hubungan antara variabel jenis kelamin dengan kecepatan diperoleh nilai thitung = 2,955 > 1,661; untukhubungan antara variabel jenis kelamin dengan keramahan diperoleh nilai thitung = 3,125 > 1,661; untuk hubungan antara variabel jenis kelamin dengan keahalian diperoleh nilai thitung = 2,843 > 1,661 dan untuk hubungan antara variabel jenis kelamin dengan fasilitas tunggi diperoleh nilai thitung = 1,718 > 1,661. Hal ini menunjukkan bahwa jenis kelamin mempunyai hubungan signifikan dengan kecepatan, keramahan, keahlian dan fasilitas ruang tunggu dalam membentuk persepsi konsumen untuk menggunakan jasa Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar Surakarta. Hasil uji t untuk hubungan antara variabel pekerjaan dengan kecepatan diperoleh nilai thitung = 3,011 > 1,661; untuk hubungan antara variabel pekerjaan dengan keramahan diperoleh nilai thitung = 2,644 > 1,661; untuk hubungan antara variabel pekerjaan dengan fasilitas ruang tunggu diperoleh nilai thitung = 3,771 > 1,661. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kecepatan, keramahan dan fasilitas ruang tunggu dalam membentuk persepsi terhadap penggunaan jasa Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar Surakarta. Sementara untuk hubungan antara pekerjaan dengan keahlian diperoleh nilai thitung = 1,308 < 1,661; yang berarti pekerjaan tidak mempunyai hubungan dengan keahlian. Hasil ujit untuk hubungan antara variabel pendapatan dengan kecepatan diperoleh nilai thitung = 5,315 > 1,661; untuk hubungan antara variabel pendapatan dengan keramahan diperoleh nilai thitung = 2,534 > 1,661; untuk hubungan antara variabel pendapatan dengan fasilitas ruang tunggu diperoleh nilai thitung = 3,651 > 1,661. Hal ini menunjukkan bahwa pendapatan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kecepatan, keramahan dan fasilitas ruang tunggu dalam membentuk persepsi konsumen untuk menggunakan pelayanan jasa Bengkel Suzuki Indosolo di Jajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, keramahan, keahlian, fasilitas ruang tunggu.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 18 May 2009 07:32
Last Modified: 17 Nov 2010 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item