ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN MACET PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH BMT AMANAH MANDIRI DI WONOGIRI

DARYADI, DARYADI (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN MACET PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH BMT AMANAH MANDIRI DI WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB-1.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor peran, itikad, perencanaan, administrasi, musibah, musim, dan peraturan pemerintah mempengaruhi pembiayaan macet pada nasabah di BMT Amanah Mandiri dan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam menyebabkan terjadinya kredit atau pembiayaan macet. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan kebijakan masalah pembiayaan atau kredit, menyangkut latar belakang terjadinya kredit macet. Metode analisis data adalah suatu metode yang digunakan untuk mengolah hasil penelitian guna memperoleh suatu kesimpulan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji t, uji F, koefisien determinasi (R2) dan uji asumsi klasik. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BMT Amanah Mandiri yang mengambil pembiayaan atau kredit. Dalam penelitian ini menggunakan 30 nasabah sebagai sampel. Karena pertimbangan efisiensi waktu, biaya serta tenaga peneliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku nasabah pada kejadian kredit macet di BMT Amanah Mandiri adalah faktor-faktor peran, itikad, perencanaan, administrasi, musibah, musim, dan peraturan pemerintah. Faktor perencanaan, musibah, dan musim berpengaruh signifikan terhadap kredit macet pada BMT Amanah Mandiri. Sedangkan faktor itikad, peran BMT, administrasi nasabah, peraturan pemerintah tidak berpengeruh signifikan terhadap kredit macet pada BMT Amanah Mandiri. Hasil analisis menunjukkan bahwa perencanaan dan musibah berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan macet. Perencanaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan macet, pengaruh negatif menunjukkan bahwa semakin baik perencanaan yang dilakukan BMT dan nasabah akan semakin mengurangi pembiayaan macet. Sedangkan musibah berpengaruh positif terhadap pembiayaan macet, pengaruh po itif menunjukkan bahwa musibah yang di derita nasabah dapat meningkatkan pembiayaan macet, karena dengan musibah yang diterima akan membebani operasional usaha nasabah, sehingga jika musibah tersebut berkaitan langsung dengan kondisi ekonomi akan berdampak pada peningkatan pembiayaan macet. Hasil perhitungan menunjukan bahwa faktor musibah mempunyai nilai koefisien beta sebesar 0,405 yang lebih besar jika dibandingkan dengan faktor itikad nasabah (-0,111), peran BMT (-0,0392), perencanaan (-0,320), administrasi nasabah (-0,159), musim (-0,00189), dan peraturan pemerintah (-0,129). Hal ini menunjukkan bahwa faktor musibah lebih dominan berpengaruh terhadap kredit macet pada BMT Amanah mandiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011-015
Uncontrolled Keywords: peran, itikad, perencanaan, administrasi, musibah, musim, peraturan pemerintah.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2011 08:51
Last Modified: 30 May 2011 08:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12672

Actions (login required)

View Item View Item