SURYANTO, DWI AGUS (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. PANORAMA MOTOR YAMAHA KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_Agus.pdf Download (639kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini pertama adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor produk/jasa, personil, pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar baik secara partial maupun serempak. Kedua, untuk mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar. Sampel sebanyak 100 orang responden, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling dan alat analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hipotesis dalam penelitian ini: diduga ada pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor produk/jasa, personil, pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar baik secara partial maupun serempak. Faktor produk paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 4,031. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,031 > 1,985) dengan probabilitas 0,000 < 0,05; maka berarti bahwa variabel produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar, sehingga hipotesis H1 terbukti kebenarannya. Personal (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,728. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,728 > 1,985) dengan probabilitas 0,008 < 0,05; maka berarti bahwa variabel personal berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar, sehingga hipotesis H2 terbukti kebenarannya. Pelayanan (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 2,858. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,858 > 1,985) dengan probabilitas 0,005 < 0,05; maka berarti bahwa variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar, sehingga hipotesis H3 terbukti kebenarannya. Citra (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 2,380. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,380 > 1,985) dengan probabilitas 0,019 < 0,05; maka berarti bahwa variabel citra berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar, sehingga hipotesis H4 terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 63,100 > 2,45 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan menerima H1, hal ini berarti bahwa produk, personal, pelayanan dan citra secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar. Nilai koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,727. Hal ini berarti variasi perubahan pada kepuasan konsumen di PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar dapat dijelaskan oleh perubahan produk, personal, pelayanan dan citra sebesar 72,7%. Sementara sisanya sebesar 27,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan juga menunjukkan bahwa produk mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,284 yang paling besar jika dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Berarti variabel produk paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di PT. Panorama Motor Yamaha Karanganyar, sehingga hipotesis H5 tidak terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | produk, personal, pelayanan dan citra, kepuasan konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 May 2011 09:33 |
Last Modified: | 27 May 2011 09:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12656 |
Actions (login required)
View Item |