Penerapan Diversi Sebagai Upaya Penyelesaian Perkara Pidana Anak Terhadap Penyalahgunaan Narkotika Di Surakarta (Analisis Putusan Pengadilan Negeri Surakarta No: 8/Pid.Sus-Anak/2022/PN Skt)

Wulan, Firda Nawang and , Bambang Sukoco S.H.,M.H. (2024) Penerapan Diversi Sebagai Upaya Penyelesaian Perkara Pidana Anak Terhadap Penyalahgunaan Narkotika Di Surakarta (Analisis Putusan Pengadilan Negeri Surakarta No: 8/Pid.Sus-Anak/2022/PN Skt). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
(setelah revisi) SALINAN NASPUB FIRDA NAWANG WULAN_C100202432.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Selesai revisi SALINAN SKRIPSI FIRDA NAWANG WULAN_C100202432-1-14.pdf

Download (821kB)
[img] PDF (Bab I)
SKRIPSI FIRDA FULL-15-29.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab II)
SKRIPSI FIRDA FULL-30-44.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
Selesai revisi SALINAN SKRIPSI FIRDA NAWANG WULAN_C100202432-45-74.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
SKRIPSI FIRDA FULL-75-77.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
SKRIPSI FIRDA FULL-78-85.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
SKRIPSI FIRDA FULL-86.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Tidak Publikasi)
firda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aturan diversi atas kasus penyalahgunaan narkotika dengan pelaku anak menurut Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak serta hukum Islam serta menganalisis penanganan kasus tindak pidana penyalahgunaan Narkotika dalam suatu putusan. Dengan menggunakan metode penelitian normative kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan studi kepustakaan kemudian melakukan interpretasi untuk memahami maknanya, dan kemudian melakukan penafsiran sehingga data disusun secara sistematis dan ditarik kesimpulan secara deduktif, yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak mengatur secara komprehensif mengenai diversi sebagai upaya alternatif dalam penyelesaian perkara pidana yang melibatkan anak sebagai pelaku. Hukuman dalam Islam lebih menekankan pada pendekatan yang bersifat edukatif dan rehabilitative, prinsip utamanya yaitu keadilan, rehabilitasi, dan perlindungan anak. Penurunan angka kasus pidana penggunaan narkotika pada anak di Surakarta setiap tahunnya karena tingginya partisipasi dari masyarakat serta aparat penegak hukum. Usaha Negara untuk melakukan tanggungjawabnya memalui implementasi peraturan Undang-Undang Perlindungan Anak dengan membentuk yayasan perlindungan anak. Dalam kasus penelitian ini seorang anak dihukum dengan melakukan pembinaan di luar lembaga yaitu pelatihan kerja pengganti pidana denda terhadap Anak berupa pelatihan kerja selama 2 (dua) bulan di IPWL Yayasan ANARGYA. untuk menjatuhkan pidana kepada anak maka Hakim seharusnya perlu mempertimbangkan Hasil Laporan Penelitihan Kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan Surakarta. Dengan diterapkan ketentuan pidana tersebut dalam pemidanaan anak, maka Hakim berpendapat tujuan pemidanaan sebagai wujud pencegahan agar anak tidak mengulangi lagi kejahatan yang sama baik oleh anak maupun oleh orang lain, dan untuk kepentingan anak demi masa depannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hak-Hak Anak, Diversi, Balai Pemasyarakatan
Subjects: K Law
K Law > Law (General)
K Law > Indonesia Law > Law (General)
K Law > Indonesia Law
K Law > Indonesia Law > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Unnamed user with username c100202432
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:03
Last Modified: 15 Aug 2024 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/126364

Actions (login required)

View Item View Item