Tinjauan Hukum Terhadap Praktik Jual Beli Plasma Darah Oleh Palang Merah Indonesia (Studi Putusan Pengadilan Negeri Surabaya No: 2179/Pid.Sus/2021/PN Sby)

Ahnaf, Satrio Ahmad and , Bambang Sukoco S.H.,M.H. (2024) Tinjauan Hukum Terhadap Praktik Jual Beli Plasma Darah Oleh Palang Merah Indonesia (Studi Putusan Pengadilan Negeri Surabaya No: 2179/Pid.Sus/2021/PN Sby). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB.pdf

Download (305kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
SKRIPSI FINAL-1-12.pdf

Download (438kB)
[img] PDF (Bab I)
SKRIPSI FINAL-13-25.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Bab II)
SKRIPSI FINAL-26-43.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
SKRIPSI FINAL-44-66.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
SKRIPSI FINAL-67-70.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
SKRIPSI FINAL-71-79.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Tidak Publikasi)
satrio-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 di berbagai negara di seluruh dunia membuat hampir semua negara kebingungan dan kewalahan dalam menghadapi pandemi ini, nyawa manusia hampir berjatuhan pada setiap hari. Terlebih di Indonesia, pada tahun 2019 akhir Pemerintah memutuskan untuk menganggap serius wabah penyakit ini, salah satunya menjamin ketersediaan plasma untuk mereka yang terkena virus Covid, kualitas plasma terbukti menjadi salah satu hal yang bisa menyembuhkan seorang yang terkena virus Covid dengan melalui donor plasma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum berkaitan dengan praktik jual beli plasma darah yang diatur oleh Undang-undang Kesehatan, dan Peraturan pemerintah lainnya yang masih erat dengan donor darah. Penafsiran Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan dimana secara pokok menjadi landasan berjalannya kegiatan kesehatan dan donor darah di masyarakat. Penelitian ini meneliti seorang oknum kesehatan Palang Merah Indonesia Kota Surabaya melakukan tindak pidana dengan menjual plasma darah ex Covid-19 kepada pasien lainnya dimana saat itu jumlah penyitas tersebut meningkat dan belum ditemukan obat menyembuhkannya. Menggunakan metode penelitian Normatif dan jenis penelitian kualitatif dengan menghubungkan data yang diperoleh dengan data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mempelajari makna dari Studi Putusan Pengadilan Negeri Kota Surabaya No.2179/Pid.Sus/2021/PN Sby dan kemudian melakukan interpretasi untuk memahami maknanya dan dapat dilakukan penafsiran sehingga secara sistematis dan deduktif, yaitu Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan dimana secara pokok menjadi landasan berjalannya kegiatan donor darah di masyarakat. Aspek dalam hukum isla mengenai donor darah lebih menekankan tentang seberapa kemanfaaatan dan kemudharatan pelaksanaan kegiatan donor itu sendiri, prinsip dalam islam lebih melihat bagaimana plasma dapat bermanfaat untuk sesama dan memberi efek positif atau hanya negatif. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan masyarakat dan mengurangi penyelewengan wewenang bertindak dan melayani pasien sehingga tidak terjadi atau setidaknya mengurang kasus MalPraktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan, Covid, Undang-undang
Subjects: K Law
K Law > Law (General)
K Law > Indonesia Law
K Law > Indonesia Law > Hukum Pidana
K Law > Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SATRIO AHMAD AHNAF
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:12
Last Modified: 15 Aug 2024 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/126360

Actions (login required)

View Item View Item