Peran Spiritualitas Islam, Welas Diri, Dan Dukungan Suami Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Ibu Hamil Trimester Akhir Selama Masa Pandemi Covid-19

Khairiyah, Nadiah Al and , Dr. Nisa Rachmah Nur Anganthi, M.Si, Psikolog (2024) Peran Spiritualitas Islam, Welas Diri, Dan Dukungan Suami Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Ibu Hamil Trimester Akhir Selama Masa Pandemi Covid-19. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naspub.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (342kB)
[img] PDF (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (Metode Penelitian)
Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] PDF (Hasil dan Pembahasan)
Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Kesimpulan dan Saran)
Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan ibu hamil trimester akhir dalam mempersiapkan persalinan rentan terpengaruh oleh kondisi yang ada di sekitarnya. Adapun kondisi pandemi COVID-19 menambah faktor resiko bagi ibu hamil. Dampak yang dirasakan adalah stres, cemas hingga depresi yang dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan ibu dan janin. Berbagai usaha preventif seperti promosi hingga usaha kuratif dilakukan oleh pihak pemerintah dan swasta. Pentingnya ibu hamil menjaga kesehatan mentalnya yang dapat dilihat dari kondisi kesejahteraan. Kesejahteraan subjektif ibu hamil dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti spiritualitas Islam dan welas diri. Selain itu faktor eksternal juga mempengaruhi seperti dukungan suami. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji peran spiritualitas Islam, welas diri dan dukungan suami terhadap kesejahteraan subjektif pada ibu hamil trimester akhir selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif cross sectional survey dengan analisis PLS. Subjek penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini berjumlah 130 ibu hamil trimester akhir berkewarganegaraan Indonesia, beragama Islam dan berusia 22-41 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa spiritualitas Islam, welas diri dan dukungan suami secara simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan subjektif senilai R2 = 0,387 sig 0,00 atau berperan sebesar 38,7%. Peran spiritualitas Islam sebesar 10,5%, welas diri sebesar 26,9% dan dukungan suami 4,4% terhadap kesejahteraan subjektif ibu hamil selama masa pandemi COVID-19. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis mayor dan minor dalam penelitian ini diterima. Adapun implikasi hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan kesadaran bagi calon dan atau ibu hamil dalam menjaga kesejahteraan subjektifnya, membantu meningkatkan afek positif dan mengelola afek negatif maupun stress selama masa kehamilan khususnya dalam situasi terbatas seperti pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, husband's support, islamic spirituality, pregnant women, self-compassion, subjective well being.
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BB Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: NADIAH AL KHAIRIYAH
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:19
Last Modified: 06 Aug 2024 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/125868

Actions (login required)

View Item View Item