Perlindungan Hukum bagi Konsumen Aplikasi Pinjaman Online dalam Perspektif Hukum Positif Indonesia di Kalangan Mahasiswa

Kusumawati, Zulfah Putri and , Mutimatun Ni'ami, S.H., M.Hum., (2024) Perlindungan Hukum bagi Konsumen Aplikasi Pinjaman Online dalam Perspektif Hukum Positif Indonesia di Kalangan Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Artikel c100200018.pdf

Download (287kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
SKRIPSI ZULFAH NEW-1-12.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
SKRIPSI ZULFAH NEW-13-29.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (Bab II)
SKRIPSI ZULFAH NEW-30-61.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
SKRIPSI ZULFAH NEW-62-81.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
SKRIPSI ZULFAH NEW-82-83.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
SKRIPSI ZULFAH NEW-85-88.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
lembar pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai perlindungan hukum bagi konsumen dalam aplikasi pinjaman online dalam perspektif hukum positif Indonesia di kalangan mahasiswa. Pada kenyataannya, tidak jarang mahasiswa banyak sekali terjerat pinjaman online dikarenakan memang bukan kebutuhan yang mendesak tetapi karena keinginan hawa nafsu yang ini membeli segala macam yang ia inginkan padahal hal tersebut tidaklah begitu penting digunakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan yuridis empiris dimana dengan cara mengkaji perlindungan hukum bagi pengguna pinjaman online berdarakan hukum positif Indonesia. Hasil penelitian yang penulis peroleh bahwa 1) faktor-faktor yang mendorong mahasiswa menggunakan pinjaman online meliputi kondisi perekonomian, kemudahan akses dan pencairan, adanya kebutuhan mendesak, perilaku konsumtif dan gaya hidup, serta kepercayaan terhadap Spinjam, 2) Pada praktik layanan dalam Spinjam, konsumen akan mendapatkan keuntungan yaitu prosedur yang singkat, konsumen dapat langsung mendapatkan pinjaman, menawarkan berbagai macam tenor cicilan mulai dari 3 (tiga), 6 (enam), dan 12 bulan, proses aktivasi dan verifikasi yang mudah dan cepat, setelah pengajuan SPinjam disetujui, dana akan langsung masuk ke rekening Bank konsumen, selain itu SPinjam juga menetapkan suku bunga terkecil mulai 1,95% per bulan, 3) Perlindungan hukum bagi pengguna pinjaman online ditetapkan pada beragam aturan dasar mengenai hak individu sebagai warga negara meliputi UU No 39 Tahun 1999 Tentang HAM, UU nomor 22 Tahun 2023 tentang perlindungan konsumen dan masyarakat di Sektor Jasa Keuangan serta POJK RI no. 10/POJK.05/2022 tentang layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum, pinjaman online, Spinjam
Subjects: K Law
K Law > KI Indonesia Law
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: ZULFAH PUTRI KUSUMAWATI
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:14
Last Modified: 06 Aug 2024 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/125751

Actions (login required)

View Item View Item