ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA TAHUN 1997.I -2007.IV

PRASETYO, NIKO DWI (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA TAHUN 1997.I -2007.IV. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2._COVER_+_BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab Full)
1._SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA TAHUN 1997.I.-2007.IV.”. Adapun tujuannya adalah untuk menganalisis pengaruh inflasi, suku bunga, pertumbuhan ekonomi, kurs, ekspor non migas dan impor non migas terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia pada tahun 1997.I.-2007.IV. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan metode Error Correction Model (ECM). Dari hasil analisis ECM nampak bahwa nilai ECT sebesar 0,964216 signifikan 1%. Hasil ini berarti model ECM dalam penelitian ini dapat dipakai karena terletak antara 0 < ECT < 1. Dari hasil uji asumsi klasik, terdapat masalah autokorelasi, sedangkan untuk pengujian asumsi klasik yang lain yaitu untuk heteroskedastisitas, linearitas atau stabilitas model maupun normalitas tidak menunjukkan terjadi penyimpangan. Hasil uji Jarque-Bera (JB) diketahui bahwa model yang digunakan adalah linier. Hasil uji normalitas distribusi Ut diketahui data mempunyai distribusi tidak normal. Hasil uji t menunjukkan variabel yang berpengaruh terhadap PMA adalah variabel inflasi pada tingkatan signifikan 90% dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang dengan signifikan 99%. Untuk variabel pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek signifikan pada α = 99% dan tingkat suku bunga pada jangka panjang signifikan pada α = 99% terhadap PMA. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen pada derajat α = 99%. Nilai R2 adalah 0,635308 menunjukkan bahwa 63,5% variasi dari variabel Penanaman Modal Asing dijelaskan oleh variabel independen dalam model. Sedangkan sisanya yaitu 36,5% dijelaskan oleh variabel bebas lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis pengaruh inflasi, suku bunga, pertumbuhan ekonomi, kurs, ekspor non migas , impor non migas terhadap Penanaman Modal Asing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 May 2011 10:24
Last Modified: 20 May 2011 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12552

Actions (login required)

View Item View Item