Analisis Yuridis Pertimbangan Hakim Terhadap Tindak Pidana Pembunuhan Berencana (Studi Kasus Putusan Nomor 1474/Pid.B/2019/PN.Dps)

Putri, Jasmine Shafiya and , Taufiq Nugroho, S.H., M.H. (2024) Analisis Yuridis Pertimbangan Hakim Terhadap Tindak Pidana Pembunuhan Berencana (Studi Kasus Putusan Nomor 1474/Pid.B/2019/PN.Dps). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI JASMINE FIX.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (809kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PUBLIKASI JASMINE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim sekaligus pertanggungjawaban pidana pada putusan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif melalui pendekatan studi kepustakaan. Data pada penelitian ini terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang seluruhnya diolah dengan metode analisis kualitatif. Dalam perkara tindak pidana pembunuhan berencana, hakim harus mengkaji secara mendalam mengenai motif, cara pelaksanaan, serta bukti-bukti yang ada untuk memastikan apakah unsur-unsur tindak pidana pembunuhan berencana telah terpenuhi. Guna menjamin kapasitas untuk bertanggung jawab, seseorang harus terlibat dalam tindakan pidana, untuk menilai apakah mereka memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab dan apakah mereka melakukannya dengan sengaja atau tidak, seseorang tidak dapat diminta bertanggung jawab ketika mereka tidak melakukan tindakan pidana. Hasil penelitian menunjukkan pertimbangan hakim didasarkan pada fakta yang terungkap dalam persidangan bahwa terdakwa telah secara sah memenuhi unsur tindak pidana pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP yang dapat dibuktikan melalui alat bukti yang ada. Pelaku dianggap mampu bertanggungjawab, sebagai bentuk pertanggungjawaban, terdakwa dijatuhi pidana 16 (enam belas) tahun penjara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pidana, Pembunuhan Berencana, Hukum
Subjects: K Law
K Law > KI Indonesia Law
K Law > KI Indonesia Law > KN Hukum Pidana
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: JASMINE SHAFIYA PUTRI
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:38
Last Modified: 16 Jul 2024 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/125077

Actions (login required)

View Item View Item