Nagari, Andra Nawang and , Dr. Anatri Desstya, S.T., M.Pd (2024) Implementasi Strategi Pembelajaran Index Card Match dalam Menunjang Keaktifan Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL NAWANG BARU (1) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN_Andra Nawang Nagari.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1_Andra Nawang Nagari.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2_Andra Nawang Nagari.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3_Andra Nawang Nagari.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4_Andra Nawang Nagari.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5_Andra Nawang Nagari.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Andra Nawang Nagari.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Andra Nawang Nagari.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Andra Nawang_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan strategi pembelajaran Index CardnMatch dalam menunjang keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MI Gagaksipat 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 22 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. berdasarkan indikator kreativitas belajar menurut keaktifan belajar yaitu : 1. Menyatakan pendapat 2. Mengajukan pertanyaan 3. Menanggapi pendapat orang lain 4. Mengerjakan tugas dengan baik 5. Turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya 6. Terlibat dalam kegiatan penyelesaian masalah 7. Melaksanakan diskusi kelompok dan berani tampil di depan kelas. Hasil dalam penelitian ini adalah siswa dapat mengimplementasikan pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran IPAS dan mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mampu meningkatkan kreaktifan yang dimiliki sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match, Keaktifan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ANDRA NAWANG NAGARI |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/125060 |
Actions (login required)
View Item |