Larasati, Yuanita and , Istanto,S.Pd.I, M.Pd (2024) Strategi Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Terhadap Peserta Didik di SMP Negeri 3 Teras. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
yuanita.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan yuan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I YUANITA LARASATI G000170209.pdf Download (620kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II YUANITA LARASATI G000170209.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III YUANITA LARASATI G000170209.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV YUANITA LARASATI G000170209.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V YUANITA LARASATI G000170209.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (6).pdf Download (397kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI (7).pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
Abstract
Pendidikan karakter religius merupakan pendidikan yang penting untuk ditanamkan sejak usia dini. Pendidikan karakter religius perlu dimasukkan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah yang bertujuan untuk membentuk akhlak yang mulia pada peserta didik. Karakter religius sangat diperlukan guna membentengi dari dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini. Di SMP Negeri 3 Teras Guru PAI menerapkan beberapa strategi yang ditempuh untuk membentuk karakter religius terhadap peserta didiknya. Penelitian ini memaparkan tentang strategi-strategi yang digunakan oleh Guru PAI dalam upaya membentuk karakter religius terhadap peserta didik di SMP Negeri 3 Teras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam pembentukan karakter religius dan bagaimana hasil dari penerapan strategi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi data sumber dan teknik. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam adalah dengan menggunakan strategi pembiasaan dan keteladanan. Penerapan dari kedua strategi tersebut cukup efektif untuk membentuk karakter religius pada peserta didik. Hasil dari penerapan strategi tersebut diantaranya adalah: 1) secara kognitif peserta didik mampu memahami pembiasaan dan keteladanan yang diajarkan oleh guru. 2) Secara afektif peserta didik mampu menunjukkan perubahan sikap setelah melaksanakan pembiasaan dan teladan dari guru. 3) Secara psikomotorik peserta didik mampu menunjukkan ketrampilannya dalam mengaplikasikan pembiasaan dan teladan yang diajarkan oleh guru dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pendidikan Karakter, Karakter Religius |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | YUANITA LARASATI |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:18 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/124657 |
Actions (login required)
View Item |