ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA GURU DALAM VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI PADA KANAL YOUTUBE AMELIA MADONA

Hasibuan, Endah and -, Dr. Fitri Puji Rahmawati, M.Hum., M.Pd. (2024) ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA GURU DALAM VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VI PADA KANAL YOUTUBE AMELIA MADONA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
A510170181_ENDAH_NASPUB.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi_A510170181.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)

Abstract

Brown dan Levison mengemukaan adanya strategi kesantunan yang dapat digunakan dalam menjaga tutur kesantunan. Pendidikan juga merupakan salah satu bidang yang sangat membutuhkan strategi kesantunan bahasa yang tinggi. Era ini peserta didik sangat bebas dalam mengakses pembelaran melalui internet, salah satu yang banyak dicari adalah video pembelajaran berkaitan dengan pembahasan materi yang digunakan dalam buku. Kelebihan video pembelajaran yaitu video dapat memanipulasi waktu dan ruang, siswa dapat diajak melanglang buana ke mana saja. Media pembelajaran video ini biasanya di unggah melalui platform YouTube yang kemudian diberikan kepada peserta didik melalui link. Salah satu video pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru maupun siswa/i Sekolah Dasar saat ini adalah video pembelajaran materi tematik yang terdapat dalam saluran Ibu Amelia Madona, S.Pd pada platform Youtube. Jangkauan luas platform inilah yang membuat seorang guru harus sangat memperhatikan prinsip-prinsip kesantunan berbahasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan bentuk strategi kesantunan yang digunakan dalam video pembelajaran tiga terpopuler pada kanal Amelia Madona dalam platform Youtube. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui penulusuran data online, pengamatan dokumentasi dan pencatatan langsung. Analisis data dibagi menjadi tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ditemukan adanya penggunaan strategi kesantunan negatif yang digunakan oleh Ibu Amalia Madona dalam penyampaiannya pada video pembelajaran yang di unggah pada kanalnya di platform Youtube.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, strategi kesantunan, video pembelajaran, Youtube
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ENDAH NADIA PUSPITA HASIBUAN
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:13
Last Modified: 05 Jun 2024 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/124455

Actions (login required)

View Item View Item