Perlindungan Hukum Terhadap Anak Di Bawah Umur Sebagai Pelaku Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan (Studi Kasus Putusan Nomor:19/PID.SUS-ANAK/2019/PN.JAP)

Audiasih, Mustika Andinda and , Taufiq Nugroho, S.H., M.H. (2024) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Di Bawah Umur Sebagai Pelaku Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan (Studi Kasus Putusan Nomor:19/PID.SUS-ANAK/2019/PN.JAP). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI publish.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (554kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Tidak Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

Perlindungan terhadap anak yang menjadi pelaku tindak pidana dalam konteks proses peradilan pidana anak diprioritaskan untuk mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak (best interest of the child). Ketika hakim memberikan sanksi terhadap anak, hal itu tidak semata-mata dilakukan sebagai bentuk pembalasan, melainkan juga bertujuan untuk memberikan efek jera dan pembelajaran kepada anak tersebut, dengan harapan agar dapat mendidik, membina, dan memperbaiki perilakunya sehingga tidak mengulangi tindakan kejahatan yang sama atau lainnya. Penelitian ini mengulas mengenai analisis pertimbangan hakim dalam memberikan perlindungan hukum terhadap anak di bawah umur yang terlibat dalam tindak pidana pencurian dengan kekerasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kasus Putusan No. 19/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Jap, terdakwa EM (17 tahun) dan MH (14 tahun) diduga melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan secara bersama-sama, yang menyebabkan korban mengalami luka saat mencoba untuk melarikan diri. Perbuatan tersebut diatur dalam Pasal 365 ayat (2) Ke-1 dan Ke-2 KUHP yang dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Dalam rangka memberikan perlindungan hukum kepada anak di bawah umur, mereka didampingi oleh Penasehat Hukum dan Psikolog, serta mempertimbangkan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak sebagai pedoman hakim dalam menetapkan sanksi yang sesuai bagi anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pelaku Anak Dibawah Umur, Pencurian dengan Kekerasan.
Subjects: K Law
K Law > KI Indonesia Law > KG Law (General)
K Law > KI Indonesia Law
K Law > KI Indonesia Law > KN Hukum Pidana
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: MUSTIKA ANDINDA AUDIASIH
Date Deposited: 20 May 2024 03:24
Last Modified: 20 May 2024 03:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/124136

Actions (login required)

View Item View Item