Hardini, Ika Sri (2008) KOHERENITAS DAN KOHESIFITAS PARAGRAF PADA KARANGAN SISWA KELAS 2 SMP MUHAMMADIYAH BERWAWASAN KHUSUS GIRIWOYO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A310030015.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat koherenitas wacana paragraf dalam karangan siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo, Wonogiri(2) tingkat kohesifitas wacana paragraf dalam karangan siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo, Wonogiri. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini mengenai tingkat koherensi dan kohesifitas paragraf dalam karangan yang ditulis oleh siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus (BK) Giriwoyo, Wonogiri. Koherensi paragraf pada karangan yang dimaksudkan adalah wacana yang koheren, yakni tingkat kepaduan hubungan makna yang tinggi. Sedangkan, kohesifitas wacana paragraf yang dimaksudkan adalah wacana yang bersifat kohesif, yakni tingkat kepaduan bentuk yang tinggi. Penelitian paragraf ini termasuk penelitian linguistik yang bersifat kualitatif. Data penelitian ini adalah data deskriptif yang berupa paragraf dalam karangan yang ditulis oleh siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo, Wonogiri. Dengan demikian sumber data dalam penelitian ini adalah data tertulis yang berupa paragraf atau kata-kata. Jumlah data yang dijadikan sampel penelitian ini sebanyak 5 buah karangan. Teknik yang digunakan dalam pemerolehan data adalah tes, yakni siswa diminta menulis sebuah karangan dengan judul bebas dengan topik yang telah ditentukan. Tes berlangsung secara spontan,artinya siswa diminta menulis karangan tidak diberi tahu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh data asli yang tidak direkayasa dan juga menghindari tulisan orang lain. Teknik analisis yang digunakan adalah mikrostruktural. Teknik ini digunakan untuk menganalisis hubungan antarkalimat dalam paragraf, yaitu untuk mengetahui paragraf itu koheren atau tidak koheren dengan menggunakan parameter penanda kohesi yang diungkapkan oleh Halliday dan Hasan (1994). Hasil penelitian ini secara umum menggambarkan bahwa tingkat koherenitas dan kohesifitas paragraf dalam karangan memiliki tingkat yang cukup tinggi. Dengan rincian sebagai berikut (1) tingkat koherensi dan kohesifitas paragraf dalam karangan I memiliki tingkat koherensi dan kohesifitas yang sangat tinggi. Artinya dalam karangan I yang terdiri dari 5 buah paragraf tidak ada satu paragraf pun yang tidak koheren dan tidak kohesif. (2) tingkat koherensi dan kohesifitas paragraf dalam karangan II memiliki tingkat koherensi dan kohesifitas yang tinggi. Artinya dalam karangan II yang terdiri dari 4 buah paragraf hanya terdapat satu paragraf yang tidak koheren yaitu paragraf tiga. (3) tingkat koherensi dan kohesifitas paragraf dalam karangan III memiliki tingkat koherensi dan kohesifitas yang tinggi. Artinya dalam karangan III yang terdiri dari 6 buah paragraf hanya terdapat satu paragraf yang tidak koheren yaitu paragraf 4. (4) tingkat koherensi dan kohesifitas paragraf dalam karangan IV memiliki tingkat koherensi dan kohesifitas yang sangat tinggi. Artinya dalam karangan IV yang terdiri dari 6 buah paragraf tidak ada satu paragraf pun yang tidak koheren dan tidak kohesif dan (5) tingkat koherensi dan kohesifitas paragraf dalam karangan V memiliki tingkat koherensi dan kohesifitas yang tinggi. Artinya dalam karangan V yang terdiri dari 5 buah paragraf hanya terdapat satu paragraf yang tidak koheren yaitu paragraf 4. Namun secara keseluruhan wacana paragraf dalam karangan yang diteliti adalah wacana paragraf yang koheren dan kohesif sangat dominan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | koheren, kohesif, paragraf |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2008 04:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2011 09:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/124 |
Actions (login required)
View Item |