Kusnadi, Lilik and -, Ratnanto Fitriadi, S.T., M.T. (2024) PENERAPAN ANALISIS SWOT DAN BMC SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA(Studi kasus: UMKM Krecek 88). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
D600200114_Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
D600200114_Naskah Publikasi.pdf Download (559kB) |
Abstract
UMKM Krecek 88 merupakan suatu usaha milik pribadi yang bergerak dalam bidang industri makanan. Namun berjalannya waktu umkm ini seering mengalami masalah pada pengembangan usaha, maka dari itu diperlukan Strategi yang sesuai untuk meningkatkan daya saing dan mengembangkan usaha rambak kulit Krecek 88. Metode yang dipakai pada penelitian yaitu analisis SWOT dan Bussines Model Canvas. Hasil pada penelitian menggunakan analisis SWOT menunjukan bahwa krecek 88 berada pada kuadran I yang artinya perusahaan sedang mengalami situasi bisnis progresif atau berada pada situasi yang menguntungkan. Maka dari itu strategi yang dipilih yaitu strategi S-O. strategi yang diterapkan antara lain, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, menggunakan sosial media dan marketplace dalam melakukan penjualan dan promosi produk, mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, meningkatkan jumlah produksi krecek. Sedangkan hasil penelitian menggunakan metode BMC didapatkan 9 elemen yang mengalami penambahan stelah melakukan pengolahan data pada analisis SWOT. Pembuatan BMC dapat membantu memvisualisasikan ide bisnis yang sedang dijalankan pada Krecek 88.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Bussines Model Canvas (BMC), UMKM |
Subjects: | T Technology > TI Industrial Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | LILIK KUSNADI |
Date Deposited: | 14 May 2024 07:19 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/123715 |
Actions (login required)
View Item |