PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN NILAM Pogostemon cablin Benth) TERHADAP JUMLAH NYAMUK Aedes aegypti YANG HINGGAP PADA TANGAN MANUSIA

INAYATI , INAYATI (2007) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN NILAM Pogostemon cablin Benth) TERHADAP JUMLAH NYAMUK Aedes aegypti YANG HINGGAP PADA TANGAN MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab 2&3)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab 4&5)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal_Depan.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui perantara nyamuk Aedes aegypti. Obat dan vaksin pencegahan penyakit ini belum ditemukan sehingga salah satu upaya pencegahannya adalah memberantas vektor nyamuk Aedes aegypti. Pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan sediaan repelan dari tanaman pengusir nyamuk diantaranya adalah daun nilam (Pogostemon cablin Benth). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak daun nilam terhadap jumlah nyamuk yang hinggap pada tangan manusia. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 5 kali ulangan, masing-masing perlakuan terdiri dari 20 ekor nyamuk. perlakuan I ekstrak daun konsentrasi 0%, perlakuan II ekstrak daun konsentrasi 10%, perlakuan III ekstrak daun konsentrasi 20 %, perlakuan IV ekstrak daun konsentrasi 30%, perlakuan V ekstrak daun konsentrasi 40%, dan perlakuan VI ekstrak daun konsentrasi 50%. Pengamatan dilakukan selama 10 menit untuk tiap perlakuan dan ulangan. Parameter yang diamati adalah jumlah nyamuk yang hinggap dan menghisap selama 10 menit. Hasil pengamatan diperoleh rata-rata nyamuk yang hinggap P1(20), P2 (11), P3 (8), P4(5), P5 (2), dan P6 (0), kemudian dianalisis menggunakan anava satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun nilam (Pogostemon cablin Benth) dengan konsentrasi yang berbeda berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah nyamuk Aedes aegypti yang hinggap pada tangan manusia, sedangkan konsentrasi yang efektif menurunkan jumlah nyamuk yang hinggap adalah konsentrasi 50% karena mampu menurunkan nyamuk yang hinggap hingga 99%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nyamuk Aedes aegypti, ekstrak daun nilam (Pogostemon cablin Benth)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 10:24
Last Modified: 13 May 2011 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item View Item