Handoko, Anton (2008) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA YANG MENJALANKAN MLM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100020124.pdf Download (67kB) |
|
PDF
F100020124.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
Abstract
Wirausaha adalah aktivitas yang melibatkan kemampuan pengenalan diri, kematangan pribadi dan inovasi untuk membangun suatu usaha. Kemauan dan kemampuan berdiri sendiri, merdeka lahir dan batin dengan tekat yang kuat berusaha mencapai kemajuan hidup dengan keluhuran budinya, serta dilandasi dengan rasa percaya pada diri sendiri untuk mencapai kemajuan, keberhasilan hidup tanpa bergantung pada orang lain Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara kecerdasan emosi dan dukungan sosial dengan motivasi berwirausaha pada mahasiswa yang menjalankan MLM. Hipotesis yang diajukan 1) Ada hubungan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial dengan motivasi berwirausaha;2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan motivasi berwirausaha; 3) Ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan motivasi berwirausaha. Semakin tinggi dukungan sosial maka akan semakin tinggi pula motivasi berwirausaha, begitu pula sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini adalah individu anggota Tianshi Group wilayah Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive incidental random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai korelasi R = 0,667, Fregresi = 30,903; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini dapat diartikan bahwa variabel kecerdasan emosional dan dukungan sosial dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan motivasi berwirausaha. Hasil analisis parsial diperoleh nilai rparx1y sebesar 0,292; p = 0,009 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi berwirausaha. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka akan semakin tinggi pula motivasi berwirausaha. Nilai korelasi rpar x2y sebesar 0,539 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula motivasi berwirausaha. Peranan atau sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap motivasi berwirausaha sebesar 11,692% dan sumbangan efektif dukungan sosial terhadap motivasi berwirausaha sebesar 32,835%. Total sumbangan efektif sebesar 44,527%. Berdasarkan hasil analisis diketahui kecerdasan emosional subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 86,013 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 87,5. dukungan sosial pada subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 119,563 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 102,5. Motivasi berwirausaha pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) sebesar 93,675 dan rerata hipotetik (RH) 95.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosi, motivasi, wirausaha, dukungan sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 May 2009 04:08 |
Last Modified: | 24 Feb 2011 05:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1232 |
Actions (login required)
View Item |