STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang)

Oktayudianto, Pratama Ditya (2011) STRATEGI PEMASARAN POTENSI WISATA KOMPLEK CANDI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN BENCHMARKING Studi Kasus di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Abstraksi.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kepariwisataan merupakan salah satu dari aktifivitas manusia untuk memenuhi kesenangan hati, kebutuhan jasmani dan rohani. Pariwisata dapat mendatangkan keuntungan pada daerah yang berusaha mengembangkan kegiatan pariwisata. Selain itu pariwisata merupakan salah satu kegiatan industri pelayanan dan jasa yang menjadi andalan Indonesia dalam rangka meningkatkan devisa dari sektor non migas. Di Kabupaten Wonosobo sektor pariwisata telah menjadi unggulan yang mampu menyokong PAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan mutu dan strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk Komplek Candi Dieng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Focus Group Discusion serta studi dokumentasi. Penentuan informan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Bidang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan staf. Agar diperoleh data yang sesuai dengan kenyataan dan teruji validitasnya digunakan triangulasi data, sedangkan teknik analisa data menggunakan analisa interaktif. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Analisis SWOT dan Benchmarking diperoleh bahwa strategi pemasaran yang mesti dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk obyek wisata Komplek Candi Dieng harus disertai dengan pengembangan dan perbaikan di 4 pendekatan sektor yaitu Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, dan Aktivitas. Segmentasi pasar yang dituju didasarkan pada destinasi pariwisata, ditentukan target kunjungan wisatawan dengan melihat positioning, dari hasil itu semua difokuskan kepada marketing mix untuk Obyek Wisata Komplek Candi Dieng.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011 - 04
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Benchmarking, Segmentasi, Positioning, Targeting, Marketing Mix.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 13 May 2011 09:13
Last Modified: 10 Jun 2011 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item