Penegakkan Hukum Oleh Direktorat Polisi Air Dan Udara Polda Jawa Tengah Terhadap Tindak Pidana Penyelundupan Satwa (Studi Kasus: Penyelundupan Satwa Dilindungi Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang)

Syahputra, Wirayudha Wibawa Hatma and , Dr. Arief Budiono, S.H., M.H. (2024) Penegakkan Hukum Oleh Direktorat Polisi Air Dan Udara Polda Jawa Tengah Terhadap Tindak Pidana Penyelundupan Satwa (Studi Kasus: Penyelundupan Satwa Dilindungi Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
YUDHA - NASKAH PUBLIKASI FINAL.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
COVER (2).pdf

Download (368kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, dengan 10% dari total spesies dunia salah satunya dalam hal satwa. Banyak satwa endemik Indonesia yang menjadi sasaran kejahatan. Banyak satwa diselundupkan melalui area perairan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab guna meraup keuntungan.Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yang datanya diperoleh melalui studi kepustakaan. Sumber data tersdiri dari sumber data primer dan sekunder.Data yang tersedia kemudian diolah melalui pendekatan perundang-undangan dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini berfokus pada upaya penegakkan hukum Direktorat Polisi Air Dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Tengah terhadap penyelundupan satwa dilindungi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Tujuannya adalah mengetahui upaya penegakkan hukum yang dilakukan. Diharapkan penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman perlindungan satwa dilindungi dan menjadi evaluasi bagi pemerintah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ditpolairud Polda Jawa Tengah telah mengerahkan seluruh upaya secara konsisten dalam menangani kasus penyelundupan satwa. Proses hukum secara preventif dan represif telah digalangkan. Meski demikian masih banyak kendala yang dihadapi dan membutuhkan penyelesaian. Kerja sama secara nasional dan internasional dibutuhkan supaya dapat tercipta penegakan hukum yang optimal. Penelitian ini penting untuk memahami langkah-langkah Ditpolairud dalam menangani tindak pidana penyelundupan satwa dilindungi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sekaligus memberikan wawasan tentang penegakan hukum perlindungan satwa dilindungi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyelundupan; Pidana; Satwa
Subjects: K Law
K Law > KI Indonesia Law > KG Law (General)
K Law > KI Indonesia Law
K Law > KI Indonesia Law > KN Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: WIRAYUDHA WIBAWA HATMA SYAHPUTRA
Date Deposited: 07 May 2024 02:00
Last Modified: 07 May 2024 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/122863

Actions (login required)

View Item View Item