Sutrisno, Shidiq Agung and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd. (2024) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kompetensi Pedagogik SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan MSW Pesantren Raudhatul Quran Bayat). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Perpus FIX.pdf Download (277kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (286kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi (shidiq Agung S).pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru dan hasil peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan Madrasah Salafiah Wustho Pesantren Raudhatul Qur’an Bayat. Dengan jenis penelitian kualitatif dan fenomenologis, penelitian ini melibatkan subjek penelitian ketua Yayasan (khusus pondok), kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik Miles dan Huberman, yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian manajemen kepala sekolah SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan MSW pesantren Raudhatul Qur’an Bayat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui perencanaan kegiatan menggunakan Project Management Office (PMO). Langkah-langkah ini mencakup In House Training (IHT), lokakarya di awal tahun pembelajaran, serta workshop, Komunitas Belajar (Kombel), dan Taklim internal yang diadakan secara rutin. Implementasinya dimulai dengan serangkaian kegiatan, termasuk IHT, lokakarya di awal tahun pembelajaran, dan workshop, diikuti oleh Kombel dan Taklim internal yang diadakan mingguan. Evaluasi yang dilakukan oleh kedua sekolah dilakukan secara langsung maupun tidak langsung untuk memastikan efektivitasnya. Hasil peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMP Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan MSW pesantren Raudhatul Qur’an Bayat menunjukkan perkembangan positif dan signifikan dalam berbagai aspek. Ini tercermin dalam pemahaman yang lebih mendalam terhadap prinsip-prinsip pendidikan, pengembangan keterampilan mengajar yang lebih baik, partisipasi aktif dalam pelatihan, penyusunan kurikulum yang efektif, peningkatan penggunaan teknologi, pemahaman yang lebih baik oleh siswa, penerapan pembelajaran yang individualisasi serta pengembangan potensi peserta didik, integrasi nilai-nilai agama Islam dalam proses pembelajaran, penggunaan metode evaluasi yang kreatif, dan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. Middle Schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | SHIDIQ AGUNG SUTRISNO |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 00:45 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 00:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/122729 |
Actions (login required)
View Item |