Pengaruh Intensitas Mengakses Konten Keagamaan Islam Di Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Di Sma It Putri Al-Hanif Cilegon

Matin, Fatih Qolbi Abdil and , Dr. Triono Ali Mustofa, S.Pd.I, M.Pd.I. (2024) Pengaruh Intensitas Mengakses Konten Keagamaan Islam Di Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Di Sma It Putri Al-Hanif Cilegon. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (321kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (901kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswi di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan : (1) Pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam Islam di media terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswi di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. (2) Besar pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswi di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. (3) Besar intensitas siswi dalam mengakses konten keagamaan Islam di media sosial di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field researh) dangan pendekatan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon dengan mengambil sampel sebanyak 147 siswi. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket untuk memperoleh data intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial Instagram dan TikTok serta prestasi belajara pendidikan agama Islam siswi dan teknik dokumentasi untuk memperoleh data pendukung. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,139 lebih besar dari probabilitas 0,05, hal ini juga dapat dibuktikan dengan didapatkannya nilai t hitung sebesar 1,487 lebih kecil dari t tabel 1,976, dengan ini hipotesis nol diterima. Adapun besaran presentasi pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam hanya sebesar 1,5%. Sedangkan 98,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Untuk besar intensitas siswi dalam mengakses konten keagamaan di media sosial tergolong sedang dengan nilai presentase sebesar 72%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Skripsi; Naspub : 21/02/2024 ckw
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Media Sosial, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic
B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Formal
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: FATIH QOLBI ABDIL MATIN
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:42
Last Modified: 21 Feb 2024 02:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/122268

Actions (login required)

View Item View Item