Matin, Fatih Qolbi Abdil and , Dr. Triono Ali Mustofa, S.Pd.I, M.Pd.I. (2024) Pengaruh Intensitas Mengakses Konten Keagamaan Islam Di Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Di Sma It Putri Al-Hanif Cilegon. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (321kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (901kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (474kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswi di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan : (1) Pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam Islam di media terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswi di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. (2) Besar pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswi di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. (3) Besar intensitas siswi dalam mengakses konten keagamaan Islam di media sosial di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field researh) dangan pendekatan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon dengan mengambil sampel sebanyak 147 siswi. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket untuk memperoleh data intensitas mengakses konten keagamaan di media sosial Instagram dan TikTok serta prestasi belajara pendidikan agama Islam siswi dan teknik dokumentasi untuk memperoleh data pendukung. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMA IT Putri Al-Hanif Cilegon, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,139 lebih besar dari probabilitas 0,05, hal ini juga dapat dibuktikan dengan didapatkannya nilai t hitung sebesar 1,487 lebih kecil dari t tabel 1,976, dengan ini hipotesis nol diterima. Adapun besaran presentasi pengaruh intensitas mengakses konten keagamaan Islam di media sosial terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam hanya sebesar 1,5%. Sedangkan 98,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Untuk besar intensitas siswi dalam mengakses konten keagamaan di media sosial tergolong sedang dengan nilai presentase sebesar 72%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi; Naspub : 21/02/2024 ckw |
Uncontrolled Keywords: | Intensitas, Media Sosial, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BA Islamic B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Formal |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | FATIH QOLBI ABDIL MATIN |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:42 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/122268 |
Actions (login required)
View Item |