Nuryani, Sri (2008) PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK DAN PENGANDALIAN KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN KAPAS PUTIH DI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210030106.pdf Download (38kB) |
|
PDF
A210030106.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk, pengendalian kualitas produk terhadap peningkatan volume penjualan PT. Kapas Putih di Klaten. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah data biaya pengembangan produk, data biaya pengendalian kualitas, dan data volume penjualan pada PT. Kapas Putih Klaten tahun 2003 – 2007. Teknik pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier berganda. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah: (1) persamaan regresi penelitian Y = -362.359 + 4,108X1 + 2,519X2 , dimana biaya pengembangan produk (X1) dan biaya pengendalian kualitas produk (X2) memiliki pengaruh yang positif terhadap volume penjualan (Y) pada perusahaan Kapas Putih Klaten Tahun 2003-2007, (2) hasil uji t untuk varibel (X1) adalah thitung sebesar 3,592 sedangkan nilai ttabel sebebesar 2,160 taraf signifikan sebesar 5% atau thitung > ttabel., sehingga variabel (X1) atau biaya pengembangan produk secara parsial mempengaruhi volume penjualan. Untuk variabel (X2) hasil uji ttest sebesar 2,276 sedangkan ttabel sebesar 2,160, atau thitung > ttabel.. Oleh karena itu variabel (X2) atau variabel pengendalian kualitas produk secara parsial mempengaruhi volume penjualan. (3) Uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 32,155 dan Ftabel sebesar 3,89. taraf signifikan sebesar 5% atau Fhitung > Ftabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel biaya pengembangan produk (X1) dan biaya pengendalian produk (X2) mempengaruhi variabel volume penjualan (Y) perusahaan kapas putih Klaten tahun 2003-2007. Untuk uji R2 = 0,843 artinya variabel biaya pengembangan produk (X1) dan biaya pengendalian kualitas produk (X2) mempengaruhi variabel volume penjualan (Y) sebesar 84,3%, sedangkan sisanya 15,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan produk, pengendalian kualitas produk, dan volume penjualan. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 May 2009 03:29 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
View Item |