LAKSONO , DEDDY PURBO (2011) STUDI ANALISA PERBANDINGAN KEKUATAN, JUMLAH DAN BIAYA TIANG PANCANG PADA JEMBATAN BENDO KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
DAFTAR_ISI.pdf Download (257kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Jembatan sebagai prasarana transportasi mempunyai manfaat yang dominan bagi pergerakan lalu lintas. Jembatan adalah istilah umum untuk konstruksi yang dibangun sebagai jalur transportasi yang melintasi sungai, danau, rawa, jurang maupun rintangan lainnya. Pada dasarnya pembangunan jembatan tidak hanya bertujuan untuk alat penghubung saja, tetapi juga mempunyai tujuan dan fungsi luas, antara lain fungsi ekonomi, fungsi sosial, fungsi politik, fugsi budaya dan fungsi HANKAM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jembatan mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktifitas bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di berbagai bidang, sehingga perlu adanya perhatian khusus dalam pembangunan dan perawatannya Metode penelitian melalui perhitungan beban hidup dan beban mati, yang kemudian digunakan untuk menentukan biaya dan pemancangan tiang pancang dari berbagai kombinasi tiang pancang yang digunakan. Kombinasi tiang pancang yang digunakan adalah berbentuk lingkaran dengan diameter 0.30 m, 0.35 m, 0.40 m, 0.45 m, 0,50 m dan 0,60 m dengan panjang tiang 6 m. Bentuk tiang pancang pancang yang sudah ada pada jembatan adalah segitiga sama sisi dengan panjang sisinya adalah 0.28 m dengan panjang 6 m. Dari analisa perhitungan didapatkan beban total pada abutment sebesar 970.19 ton dan pada pilar sebesar 1.262,98 ton. Beban tersebut mampu ditahan oleh tiang pancang pada masing-masing abutment sejumlah 12 tiang pancang dan pilar sejumlah 12 tiang pancang dengan dimensi 0,30 m. Dari perletakan tiang pancang dengan jumlah 12 tiang pancang pada masing-masing abutment dan 12 tiang pancang tidak terjadi adanya gaya overlapping. Dengan total biaya tiang pancang dan pemancangan sebesar Rp 108.000.000,00. Sedangkan untuk jembatan yang ada biaya tiang dan pemancangan tiang pancang pada jembatan yang digunakan adalah sebesar Rp 145,728,000.00 dengan jumlah tiang pada masing-masing abutment 24 tiang pancang dan pilar sebanyak 21 tiang pancang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK D100/2011 - 12 |
Uncontrolled Keywords: | Beban total, biaya, gaya over lapping dan tiang pancang |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2011 08:00 |
Last Modified: | 06 Jun 2011 06:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12184 |
Actions (login required)
View Item |