Pendekatan Macroergonomi Sebagai Solusi Perencanaan Pembangunan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus: Desa Wisata Ngidam Muncar)

Hanafiah, Muhaical Arsyad and , Dr. Indah Pratiwi, S.T., M.T (2024) Pendekatan Macroergonomi Sebagai Solusi Perencanaan Pembangunan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus: Desa Wisata Ngidam Muncar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Muhaical Arsyad hanafiah_D600190069.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Desa Wisata Ngidam Muncar merupakan desa wisata dengan kategori desa wisata rintisan yang berlokasi di Desa Muncar, Susukan Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan merancang sistem kerja yang baik demi mengatasi penurunan jumlah wisatawan yang terjadi dengan rata rata penurunan sebesar 11% setiap bulan dalam kunjungan wisata Sungai Serang dan penurunan rata rata setiap bulan 17% dalam pemesanan paket desa wisata. Menurut W. Hendrick dan Brian M. Kleiner implementasi Ergonomi makro sendiri terdiri dari sepuluh tahapan yang disebut dengan metode Macroergonomic Analysis and Design (MEAD). Ergonomi makro itu sendiri yaitu suatu pendekatan sistem sosioteknikal dari level atas sampai level bawah untuk mendesain sistem kerja, menciptakan harmonisasi atau keseimbangan dengan tujuan mengoptimalkan desain sistem kerja. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui Pokdarwis Desa Wisata Ngidam Muncar belum memiliki standar kerja, sedangkan didalam kemenparekraf dan peedoman desa wisata, standar kerja dan standar keamanan wisatawan menjadi poin utama dalam desa wisata yang maju. Pokdarwis desa muncar yang beranggotakan Masyarakat dari desa muncar masih bekerja diluar bidang wisata dan tidak bergantung pada pendapatan desa wisata, dalam penjadwalan atau tugas di desa muncar di bantu oleh Masyarakat lain atau devisi lain yang saling membantu sehingga standar kerja sangat penting guna menyeragamkan standar pelayanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung. Rancangan kerja yang diperoleh dari analisis ergonomi makro didapatkan usulan berupa mengintegrasikan komponen yang ada dengan merumuskan dan dan membuat Instruksi kerja dan Standard Operasional Prosedur (SOP) yang diharapkan dapat membantu pengelola sehingga meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang berdampak meningkatkan jumlah wisatawan di Desa Wisata Ngidam Muncar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Ergonomi Makro, Macroergonomic Analysis and Design (MEAD), SOP,Work Instruction (WI)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TI Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: MUHAICAL ARSYAD HANAFIAH
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:53
Last Modified: 19 Feb 2024 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/121806

Actions (login required)

View Item View Item