PENGARUH VARIABEL-VARIABEL RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN ON EQUITY PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2007-2009)

TEJANINGRUM, KUSUMA ASTUTI (2011) PENGARUH VARIABEL-VARIABEL RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN ON EQUITY PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2007-2009). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Kusuma.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I_Kusuma.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Kusuma.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data yang berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Peneliti ini menggunakan sampel sebanyak 30 perusahaan manufaktur yang dipilih secara purposive random sampling, yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BE1 periode tahun 2007-2009. Data laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan audit per 31 Desember dengan tujuan untuk menghindari adanya data laporan keuangan yang parsial. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi yang diuji dengan uji asumsi klasik meliputi normalitas, multikolinearitas, heteroskedasitistas dan autokorelasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh current ratio dan debt to equity ratio, nett profit margin,dan total asset turn over terhadap perubahan laba berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel debt to equity ratio dan total asset turn over mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ROE. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p-value masing masing variabel yaitu 0,000 dan 0,034.hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 20,579 dengan probabilitas sebesar 0,000, karena nilai probabilitas Fhitung (0,000) lebih kecil dari 0,05 maka hasilnya signifikan. Sedangkan untuk variabel current ratio dan nett profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap return on equity. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari current ratio dan debt to equity ratio, nett profit margin,dan total asset turn over secara bersama-sama terhadap variabel return on equity. Hal ini juga menunjukkan ketepatan model regresi yang baik. Hasil analisis koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,492, sedangkan nilai adjusted R square sebesar 0,468. Hal ini berarti 49,2% variasi return on equity dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor current ratio dan debt to equity ratio, nett profit margin,dan total asset turn over. Sementara sisanya sebesar 50,8% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: current ratio dan debt to equity ratio, nett profit margin, total asset turn over
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 May 2011 09:17
Last Modified: 05 May 2011 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item