ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCE SCORECARD (Studi Kasus Pada RS Nirmala Suri Sukoharjo)

WULANDARI , FEBRIANA (2011) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCE SCORECARD (Studi Kasus Pada RS Nirmala Suri Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RS Nirmala Suri Sukoharjo, apakah menunjukkan baik atau buruk pada tahun 2007-2009 apabila dianalisis dengan menggunakan konsep pengukuran kinerja balance scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan memberikan sumbangan pemikiran kepada pihak RS Nirmala Suri Sukoharjo mengenai konsep balance scorecard dalam pengembangan sistem pengukuran kinerja organisasinya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan rumah sakit kearah tercapainya keunggulan bersaing dimasa kini dan akan datang. Penelitian ini menggunakkan metode studi kasus (case study) yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari obyek penelitian. Kegiatan ini dilakukan dengan mengawasi dan mempelajari secara langsung RS Nirmala Suri Sukoharjo. Studi ini dimaksudkan untuk memperoleh data-data perusahaan khususnya hal-hal yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dengan konsep balance scorecard yaitu melalui observasi, wawancara, dan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 karyawan dan 100 pasien RS Nirmala Suri Sukoharjo sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kinerja di RS Nirmala Suri Sukoharjo dengan konsep balance scorecard pada posisi baik jika dilihat dari perspektif konsumen, perspektif proses internal bisnis, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Namun pada perspektif keuangan menunjukkan posisi yang kurang baik, hal ini dapat dimaklumi karena mengingat RS Nirmala Suri Sukoharjo adalah rumah sakit milik yayasan yang mana dalam menentukan tarif harus melihat kemampuan masyarakat sekitar dan bukan berdasarkan orientasi laba sehingga harga jual rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Balance Scorecard dan kinerja
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 03:29
Last Modified: 05 May 2011 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item