Pawening, Arum (2008) HUBUNGAN ANTARA NILAI TES MASUK DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SLTPN 1 GESI KECAMATAN GESI KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210040035.pdf Download (116kB) |
|
PDF
A210040035.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
Abstract
Adanya tes masuk yang dilakukan oleh sekolah, maka anak yang prestasi belajarnya tinggi belum tentu memiliki prestasi belajar tinggi, begitu juga sebaliknya siswa yang memiliki tes masuk rendah belum tentu memiliki prestasi belajar yang rendah. Jadi dengan diketahuinya nilai tes siswa dapat mengetahui sampai di mana kemampuan kognitif yang dimiliki siswa. Dengan demikian guru dapat menggunakan tehnik dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara nilai tes masuk dengan prestasi belajar siswa kelas VII SLTP Negeri I Gesi Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SLTP Negeri 1 Gesi Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen. Sebagai populasi adalah semua siswa sebanyak 240 orang kelas VII yang terdiri dari 6 kelas. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan yaitu uji tendensi sentral, uji normalitas, uji linieritas, korelasi dua variabel, analisis regresi linear sederhana dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai rata-rata tes masuk SLTP Negeri I Gesi tahun pelajaran 2007/2008 adalah sebesar 6,337, dan rata-rata prestasi belajar (raport) sebesar 70,915 (standar SKBM), sehingga menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa selama satu tahun. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan nilai tes masuk dengan prestasi belajar siswa kelas VII SLTP Negeri I Gesi Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen. Hasil ini didukung secara statistik melalui uji korelasi product moment dengan nilai rxy sebesar 0,465 > 0,159. Selain itu, hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 38,639 dengan angka signifikan 0,000, sehingga nilai Fhitung (38,639) > Ftabel (3,94).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tes masuk, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 May 2009 04:08 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 04:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1210 |
Actions (login required)
View Item |