ANALISIS PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Empiris Pada Perusahaan Publik yang Terdaftar di BEI)

LISNAWATI , LISNAWATI (2011) ANALISIS PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Empiris Pada Perusahaan Publik yang Terdaftar di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (488kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dividen adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis. Oleh karena itu, dalam menentukan kebijakan dividen seorang manajer perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesempatan investasi, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividend payout ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2006-2008 dengan sampel yang berjumlah 35 perusahaan. Dimana setiap perusahaan yang diambil adalah perusahaan yang mempunyai kriteria sampel yaitu perusahaan yang termasuk LQ-45, perusahaan yang memperoleh laba, perusahaan yang membagikan dividen secara berturut-turut selama periode 2006-2008. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang meliputi uji F, uji determinasi (Adj. R2 ) dan uji t. Berdasarkan penelitian ini, secara simultan variabel kesempatan investasi, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividend payout ratio. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig-F lebih kecil dari signifikansi 5%. Secara parsial variabel likuiditas dan ukuran perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividend payout ratio sedangkan kesempatan investasi dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio, Kesempatan Investasi, Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 09:24
Last Modified: 04 May 2011 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12085

Actions (login required)

View Item View Item