ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN DANA PUAP TERHADAP PETANI DI KABUPATEN BOYOLALI ( Studi Kasus Gapoktan KAB.Boyolali )

SETYONO, EKA (2011) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN DANA PUAP TERHADAP PETANI DI KABUPATEN BOYOLALI ( Studi Kasus Gapoktan KAB.Boyolali ). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Kover-Abtraksi.pdf

Download (839kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat penghasilan, luas tanah dan personal terhadap pengambilan keputusan dalam pemberian dana PUAP di Kabupaten Boyolali dan menganalisis variabel mana yang paling dominan dalam pengambilan keputusan dalam pemberian dana PUAP. berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi departemen pertanian untuk mengambil suatu kebijakan dalam pemberian dana PUAP. pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan Uji t, Uji F, koefisien determinasi(R2). Populasi dalam penelitian ini adalah Kelompok tani(POKTAN) Yang menerima Dana PUAP di Boyolali. Sedangkan jumlah sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah 33 responden, 20% dari total populasi (Arikunto,1996). Berdasarakan hasil penelitian diketahui bahwa variabel tingkat penghasilan (X 1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemberian dana PUAP, karena t hitung = 2,405 > 2,05. Variabel luas tanah (X2) berpengaruh signifikan terhadap pemberian dana PUAP, karena thitung = 2,811 > 2,05. Variabel personal (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemberian dana PUAP, karena thitung = 2,523 > 2,05. Hasil perhitungan uji F di peroleh Fhitung = 13,166 > 2,93 sehingga tingkat penghasilan, luas tanah, personal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemberian dana PUAP. Variabel luas tanah(X2) merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pemberian dana PUAP, karena variabel luas tanah mempunyai koefisien beta yang lebih besar di bandingkan dengan variabel-variabel yang lain, yaitu sebesar 0,508. Sehingga variabel luas tanah yang paling dominan berpengaruh terhadap pemberian dana PUAP terbukti kebenarannya. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,577 hal ini berarti bahwa variasi perubahan variabel keputusan pemberian dana PUAP di kabupaten boyolali dapat di jelaskan oleh variabel tingkat penghasilan, luas tanah dan personal sebesar 57,7% sedangkan sisanya sebesa42,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011-005
Uncontrolled Keywords: tingkat penghasilan, Luas tanah, personal kelompok
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 May 2011 09:10
Last Modified: 11 May 2011 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item