PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PORTOFOLIO DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI REPRODUKSI PADA SISWA KELAS XI SMA N II BOYOLALI TAHUN AJARAN 2007/2008

Ajarini, Ririn (2008) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PORTOFOLIO DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI REPRODUKSI PADA SISWA KELAS XI SMA N II BOYOLALI TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420020106.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
A420020106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan yang telah di rumuskan. Cukup banyak bahan pelajaran yang terbuang percuma hanya karena penggunaan metode menurut kehendak guru dan mengabaikan kebutuhan siswa, fasilitas, serta situasi kelas. Banyak sekali metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di kelas diantaranya adalah model portofolio dan metode jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi pokok materi reproduksi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Negeri II Boyolali tahun pelajaran 2007 / 2008 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Satu kelas diberi pembelajaran dengan model portofolio dan satu kelas diberi pembelajaran metode jigsaw. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model portofolio dan pembelajaran dengan metode jigsaw. Kesimpulan yang diambil adalah terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran model portofolio (6,70) dengan pembelajaran metode jigsaw (7,65) pada siswa kelas XI Semester I SMA Negeri II Boyolali. Tidak efisiennya waktu, biaya, tenaga dan jalinan komunikasi oleh siswa pada saat mengumpulkan informasi dan data-data dari berbagai sumber data seperti perpustakaan, surat kabar, instansi pemerintah dan minimnya pengetahuan siswa akan jaringan Internet menjadikan kendala untuk mendapatkan dan mengumpulkan informasi yang sebanyak-banyaknya dalam pembelajaran portopolio. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu menjadi jembatan dalam mengaplikasikan pengetahuan siswa. Melalui model pembelajaran Jigsaw siswa-siswa mendapatkan teori sekaligus ajang aplikasi yang dapat dijadikan landasan yang kokoh untuk pengembangan minat dan bakat siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Biologi, Model Pembelajaran Portofolio, Pembelajaran Metode Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2009 02:47
Last Modified: 01 Feb 2011 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item