Hendriyaswati, Puji (2008) PEMANFAATAN KEBUN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420020033.pdf Download (78kB) |
|
PDF
A420020033.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfatan kebun sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester II SMP N 1 Tunjungan Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2007/2008. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah guru Biologi dan siswa kelas VII semester II SMP N 1 Tunjungan Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2007/2008. Sampel diambil sebanyak 36 siswa dan guru biologi kelas VII SMPN 1 Tunjungan Kabupaten Blora sebanyak 1 orang guru yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Biologi siswa setelah memperoleh pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan kebun sekolah sebagai sumber belajar lingkungan berupa kebun sekolah memperoleh rata-rata sebesar 6,88 lebih tinggi dari hasil belajar pretes sebesar 5,75. Peningkatan hasil belajar ini menunjukkan bahwa pemanfaatan kebun sekolah sebagai sumber belajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebun sekolah, hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 May 2009 02:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1201 |
Actions (login required)
View Item |