PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey Pada Bank BTPN di Wilayah Wonogiri)

ASTUTI , ANIK PUJI (2011) PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Survey Pada Bank BTPN di Wilayah Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
02.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
03.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
04.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
05.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
07.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi dengan melakukan pengujian terhadap tiga faktor kontijensi yaitu kompleksitas tugas, kompleksitas sistem dan pengaruh pemakai dalam hubungan antara partisipasi dan kepuasan pemakai. Keterlibatan dan partisipasi pemakai dalam perencanaan dan perancangan sistem merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pemakai sedangkan kepuasan pemakai sendiri merupakan salah satu indikator keberhasilan pengembangan sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan dalam pengembangan sistem informasi dan membuktikan bahwa kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah manajer, staf, dan karyawan yang terlibat dalam pengembangan sistem informasi pada Bank BTPN di wilayah Wonogiri dan didapat sampel sebanyak 47 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple linier regresion untuk menguji pengaruh partisipasi pemakaian terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, sedangkan moderated regresion analysis (MRA) untuk menguji pengaruh moderating variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) partisipasi pemakai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (2) kompleksitas tugas memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas 0,007 < 0,05. (3) kompleksitas sistem tidak memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas 0,802 > 0,05. (4) pengaruh pemakai tidak memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas 0,196 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Informasi, Partisipasi Pemakai, Kompleksitas Tugas, Kompleksitas Sistem, Pengaruh Pemakai.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 10:10
Last Modified: 29 Apr 2011 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12009

Actions (login required)

View Item View Item