FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK (Survei pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta)

HASTUTI , AMBAR TRI (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK (Survei pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan profesi akuntan publik dan non akuntan publik (survei pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi swasta di surakarta)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang persepsi mahasiswa akuntansi dalam pemilihan profesi sebagai akuntan publik dan non akuntan publik, yaitu sifat pekerjaan, gaji, persepsi mahasiswa mengenai profesi akuntan publik, ketersedian kesempatan kerja, persepsi mahasiswa tentang pengorbanan untuk menjadi seorang akuntan, dan motivasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta yang dijadikan sampel ada 4 universitas swasta di Surakarta yaitu UNIBA, UNISRI, USB, dan UKS dengan jumlah 76 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling yang berupa purposive sampling yaitu metode pengumpulan informasi dari sampel-sampel tertentu yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan dalam penelitian. Analisis data menggunakan pengujian instrumen yang berupa uji Validitas dan uji Reliabilitas, uji Normalitas, dan uji hipotesis yaitu uji Independen Sampel t-Test dan uji Mann-Whitney U-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel sifat pekerjaan, ketersediaan kesempatan kerja dan motivasi tidak terdapat perbedaan persepsi mahasiswa yang memilih profesi akuntan publik dan profesi non akuntan publik. Sedangkan variabel gaji, persepsi mahasiswa tentang profesi akuntan publik dan persepsi mahasiswa dalam pengorbanan untuk menjadi seorang akuntan publik terdapat perbedaan persepsi pada mahasiswa yang memilih profesi akuntan publik dan profesi non akuntan publik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/003
Uncontrolled Keywords: Profesi Akuntan Publik, Profesi Non Akuntan Publik dan Pemilihan Profesi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 09:38
Last Modified: 07 May 2011 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12002

Actions (login required)

View Item View Item