PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KEADILAN PROSEDURAL SEBAGAI VARIABEL ANTESEDEN ( Survey pada Perguruan Tinggi swasta di Surakarta )

NURYANTI , DWI (2011) PENGARUH PARTISIPASI PENGANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KEADILAN PROSEDURAL SEBAGAI VARIABEL ANTESEDEN ( Survey pada Perguruan Tinggi swasta di Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara partisipasi penganggaran terhadap kinerja manajerial yang dimediasi oleh keadilan prosedural. Tahap analisis data dimulai dengan mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuasioner kepada pejabat struktural (Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan Seklretaris Jurusan ) di Universitas swasta se-surakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Random Sampling. Data diolah dengan menggunakan program SPSS For Windows Version 11.5. untuk menghindari adanya kesalahan, sebelum dilakukan pembahasan dalam penelitian ini dilakukan pengujian validitas dan reabilitas, pada pengujian validitas semua item pertanyaan menunjukkan hasil yang valid kecuali pada item pertanyaan butir ketiga pada variabel partisipasi penganggaran dan uji reliabilitas juga menunjukkan hasil yang reliabel. Pengujian asumsi klasik dilakukan dengan Uji Normalitas, Uji Multikoliniaritas dan Uji Heteroskedastisitas. Dari hasil pengujian asumsi klasik diperoleh hasil bahwa data terdistribusi normal serta semua data terbebas dari masalah multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan persamaan linier sederhana, Uji keeratan Hubungan, Uji F, Uji t (t-test), dan analisis jalur (Path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan prosedural secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Uji F dan Uji t yang diterima pada taraf signifikasi 10%. Dari hasil analisis jalur (path analysis) dapat ditarik kesimpulan bahwa partisipasi penganggaran memediasi pengaruh hubungan antara keadilan procedural dengan kinerja manajerial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011-008
Uncontrolled Keywords: Keadilan Prosedural, Kinerja Manajerial, dan Partisipasi Penganggaran.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 08:02
Last Modified: 07 May 2011 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item