PENGARUH KOMITMEN AUDITOR TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey Pada Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Yogyakarta)

HERMAWATI , TRIANA (2010) PENGARUH KOMITMEN AUDITOR TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey Pada Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halamab Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji apakah komitmen organisasional dan komitmen profesional mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja. 2) Untuk menguji apakah komitmen organisasional dan komitmen profesional mempunyai pengaruh terhadap motivasi. 3) Untuk menguji apakah motivasi mempunyai pengar uh terhadap kepuasan kerja Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Convenience sampling, metode ini memilih sampel dari elemen populasi (orang atau kejadian) yang datanya mudah diperoleh peneliti. Elemen populasi yang dipilih sebagai subyek sampel adalah tidak terbatas sehingga peneliti memiliki kebebasan untuk memilih sampel yang paling cepat dan efisien. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa masing - masing aspek dalam tindakan supervisi yang berupa komitmen profesional, komitmen organisasi dan motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja pada akuntan publik. Hal ini ditunjukkan dengan thitung yang lebih besar dari t tabel dan signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 masing-masing hipotesis ditola k. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat diketahui besarnya Fhitung sebesar 50,800 sedangkan Ftabel sebesar 2,42 sehingga Fhitung lebih besar dari F tabel (50,800 > 2,42) maka Ho ditolak. Nilai p dalam penelitian ini lebih kecil dari taraf signifikans i yang digunakan maka model adalah fit karena semua variabel Komitmen Profesional, Komitmen Organisasional, Komitmen Profesional & Motivasi, Komitmen Organisasional & Motivasi, Motivasi, Komitmen Profesional – Motivasi, dan Komitmen Organisasional – Motivasi merupakan penjelas yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Kesimpulan yang dapat diambil adalah secara bersama -sama variabel Komitmen Profesional, Komitmen Organisasional, Komitmen Profesional & Motivasi, Komitmen Organisasional & Motivasi, Motivasi, Komitmen Profesional – Motivasi, dan Komitmen Organisasional – Motivasi secara bersama -sama berpengaruh secara sig nifikan terhadap kepuasan kerja. Hasil analisis regresi berganda membuktikan bahwa motivasi berfungsi sebagai variabel intervening pada kantor akuntan publik di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Dan hasil analisis data Adjusted R square (R2 ) sebesar 0,742, hal ini menunjukkan bahwa variasi dari kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh variabel Komitmen Profesional, Komitmen Organisasional, Komitmen Profesional & Motivasi, Komitmen Organisasional & Motivasi, Motivasi, Komitmen Profesional – Motivasi, dan Komitmen Organisasional – Motivasi sebesar 74,2%. Sedangkan sisanya (100% – 74,2% = 25,8%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Profesional, Komitmen Organisasional, Motivasi dan Kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 05:11
Last Modified: 29 Apr 2011 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item View Item