UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO)

KHOTIMAH, MUTIARA KHUSNUL (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA STORY BOOK READING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI BA AISYIYAH WARU 03 BAKI SUKOHARJO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
Skripsi_Mutiara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Metode Story Book Reading meningkatkan kemampuan membaca dan mendorong tumbuhnya kesiapan baca pada anak. Keberhasilan anak di sekolah, tidak bisa disangkal lagi telah banyak ditentukan oleh kemampuan membaca. Penelitian ini merupakan penelitaan tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui metode bercerita story book reading. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil peneliltian ditemukan bahwa: (1) Pembelajaran membaca dengan meman-faatkan media buku cerita dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak. Hal ini terbukti dengan adamya peningkatan prodentase kemampuan membaca kata dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 20%, siklus I mencapai 68,3 %, siklus II mencapai 86,67% dan siklus III mencapai 93,3%, oleh karena itu media buku cerita merupakan media yang efektif untuk pembelajaran membaca pada anak. (2) Metode pendukung mempunyai peranan sangat penting dalam peningkatan kemampuan membaca melalui metode bercerita. Dalam hal ini metode pendukung yakni pemberian tes dan permainan membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode bercerita story book reading dapat meningkat kemampuan membaca pada anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Bercerita story book reading
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 10:05
Last Modified: 28 Apr 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11957

Actions (login required)

View Item View Item