Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi HOTS Di Sekolah Dasar Alam Surakarta

Sutarni, Sri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum and , Prof. Dr. Anam Sutopo, M.Hum. (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi HOTS Di Sekolah Dasar Alam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
RINGKASAN DISERTASI_SRI SUTARNI _Q300200005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS berbasis PMR berorientasi HOTS pada materi pecahan senilai yang valid, layak, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 4 SD Alam Surakarta. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa pada materi pecahan senilai dan non tes berupa angket, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Analisis data menunjukkan bahwa 1) Kevalidan perangkat pembelajaran matematika realistik berorientasi HOTS yang dikembangkan memperoleh kategori sangat baik atau sangat valid dengan rerata skor RPP dan LKS masing- masing sebesar 4,55 dan 4,26. 2) Uji kelayakan RPP dan LKS oleh guru pengampu diperoleh rata-rata 4,76 dan 4,4, kategori sangat layak . Hasil penilaian LKS oleh siswa diperoleh rata- rata 4,89 dengan kategori sangat layak. 3) Perangkat pembelajaran matematika realistik berorientasi HOTS yang dikembangkan juga efektif ditinjau dari: 1) Ketuntasanhasil belajar siswa secara klasikal sebesar 85,71% dengan nilai rata- rata 80,35; 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan disetiap pertemuan; 3) Hasil analisis data kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berbasis PMR diperoleh rata-rata sebesar 92,45 berkategori sangat baik; dan 4) Respon positif juga disampaikan siswa secara kualitatif terintegrasi pada angket kelayakan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran matematika realistik berorientasi HOTS pada materi pecahan senilai untuk kelas 4 SD sangat valid, sangat layak, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, PMR, HOTS, dan Pecahan Senilai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Elementary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:59
Last Modified: 08 Jan 2024 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/119338

Actions (login required)

View Item View Item