Pengembangan Program Mentoring Kepala Sekolah Berorientasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar

Mudi Hastuti, Endang Rahayu and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Prof. Dr. Harsono, SU and , Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2023) Pengembangan Program Mentoring Kepala Sekolah Berorientasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
UJIAN TERBUKA DISERTASI ENDANG- ringkas-1(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis penilaian kinerja kepala sekolah, hasil SPMI dan hasil akreditasi, kepala sekolah dasar belum banyak yang menyusun program mentoring sebagai tindak lanjut supervisi akademik. Kepala Sekolah perlu memiliki program aktual dalam mendampingi guru yang kesulitan dan membutuhkan bantuan dalam mengelola pembelajaran berorientasi merdeka belajar. Tujuan penelitian ini: 1) menganalisis pelaksanaan tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah yang diterapkan selama ini, 2) menghasilkan desain pengembangan program mentoring kepala sekolah berorientasi merdeka belajar, dan 3) menganalisis efektivitas program mentoring kepala sekolah. Penelitian Pengembangan ini dilakukan di Sekolah Dasar Kabupaten Boyolali selama 2 (dua) tahun, Subyek penelitian para kepala sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah yang diterapkan selama ini sebatas catatan dan arahan lisan dari kepala sekolah saat supervisi, belum ada tindak lanjut supervisi berupa program mentoring. 2) Desain pengembangan program mentoring yang dihasilkan adalah ‘Pengembangan Program Mentoring Kepala Sekolah Berorientasi Merdeka Belajar, dengan model Bedah Kelas Meaningful, Achievment, Needs Analysis, Timely, Urgent and Look to the Future dengan langkah Plan, Do, Check, Act’ dengan istilah “Be-Kel MANTUL PDCA”. 3) Hasil uji efektivitas desain program mentoring dari sekolah eksperimen terbukti ada peningkatan secara kuantitatif maupun kualitatif dibandingkan dengan sekolah kontrol. Pengembangan program mentoring Be-Kel MANTUL PDCA sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai salah satu model pengelolaan pembelajaran berorientasi merdeka belajar, untuk meningkatkan capaian pembelajaran dan mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila melalui student wellbeing.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Program Mentoring, Pengelolaan Pembelajaran, Merdeka Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Elementary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:48
Last Modified: 08 Jan 2024 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/119335

Actions (login required)

View Item View Item