NUGROHO, HENGKY (2011) ANALISIS BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA TOSERBA LARIS KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
FILE_II.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Full Text)
FILE_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
Abstract
Masa sekarang, adalah masa persaingan antar swalayan begitu sangat ketat yang dikarenakan begitu banyak swalayan atau toserba-toserba baru yang bermunculan, hal ini membuat Toserba Laris harus berusaha semaksimal mungkin mempertahankan loyalitas pelanggannya. Satu hal yang lebih penting lagi adalah kepuasan konsumen karena tanpa adanya kepuasan dari konsumen loyalitas pelanggan tidak dapat terpenuhi. Penulis mengadakan penelitian pada tahun 2006 untuk menganalisis faktor manakah yang berpengaruh dari bauran pemasaran pada penciptaan loyalitas pelanggan obyek penulis adalah Toserba Laris di Kartasura. Upaya dalam menciptakan loyalitas pelanggan Toserba Laris melakukannya melalui pendekatan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, letak/lokasi) dari bauran pemasaran itulah diharapkan bisa menganalisis faktor manakah yang paling berpengaruh atau dominan dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk memastikan apakah variabel yang digunakan cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data. Alat pengukur data yang digunakan penulis adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan variabel independen terhadap variabel dependen dalam hal ini menggunakan Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Determinan, uji F-test, Analisis Korelasi Terpisah dan uji t-test. Analisis dilakukan dengan taraf signifikan 0,05 dengan menggunakan uji t diperoleh hasil bahwasanya produk, harga, promosi, lokasi berpengaruh dan berpengaruh positif pula terhadap terciptanya loyalitas pelanggan. Analisis menggunakan uji F diperoleh hasil nilai Fhitung (13,120) > Ftabel maka Ho ditolak, hal ini menunjukan adanya pengaruh antara produk, harga, promosi dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari R2 sebesar 0,428 berarti besarnya pengaruh variabel produk, promosi, harga dan lokasi secara serentak terhadap loyalitas pelanggan adalah 42,8%, sedangkan sisanya sebesar 57,2% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model. Hipotesis yang penulis ajukan, bahwasanya bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan lokasi) dapat berpengaruh menciptakan loyalitas pelanggan, adapun hasil penelitian menunjukan dari bauran pemasaran yang paling berpengaruh dalam penciptaan loyalitas pelanggan adalah produk.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK B100/2011-013 |
Uncontrolled Keywords: | auran Pemasaran, Loyalitas Pelanggan. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Apr 2011 08:09 |
Last Modified: | 11 May 2011 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11928 |
Actions (login required)
View Item |