PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI TEKNIK MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR 2009/ 2010

WULANDARI , NUR (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI TEKNIK MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
FILE_2._PDF_COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
FILE_1_PDF_KESELURUHAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan teknik mind map pada khsusunya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SD Muhammadiyah 1 Tegalgede, Karanganyar, Guru SD Muhammadiyah 01 Tegalgede Karanganyar khsusunya, dan guru mata pelajaran IPS pada umumnya serta siswa sebagai objek peneliti. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 60 sangat rendah yaitu hanya 4 siswa atau 14,8% dari 26 siswa, maka guru menggunakan teknik mind map untuk meningkatkan hasil belajar siswa, data awal digunakan sebagai pembanding dengan data setelah dilakukan siklus I, siklus II, dan siklus III untuk mendapatkan ketuntasan yang optimal pada siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik mind map oleh guru diperoleh data bahwa kondisi awal persentase kemmapuan guru dalam mengelola pembelajaran anak mendapat nilai rata-rata kurang dari 60% yang mendapatkan nilai 6 pada pembelajaran siklus I dan hanya 4 siswa yang memperoleh minmal nilai 6 atau 14,8%. Pada siklus II persentasi guru dalam mengelola pembelajaran adalah sebagai berikut : dari 27 jumlah keseluruhan subyek, terdapat 20 siswa yang telah memperoleh skor minimal 6 mendapatkan 74,7% atau lebih dari 60 %, ada 2 siswa yang mendapatkan skor 7 atau 7,4%, ada 9 siswa yang mendapatkan skor 8 atau 33,3%, dan ada 1 siswa yang mendapatkan skor 9 atau 3,8%. Pada siklus ke III persentasi guru dalam mengelola pembelajaran adalah sebagai berikut : ada 20 siswa yang memperoleh skor minimal 6 atau 74%. Jadi teknik mind map dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 1 Muhammadiyah Tegalgede Karanganyar pada tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam, Pembelajaran dengan Teknik Mind Map
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 05:03
Last Modified: 28 Apr 2011 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item View Item