Qomariah, Nur (2008) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI DAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN LUMUT DENGAN STRATEGI STAD (Student Team Achievement Division) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040013.pdf Download (224kB) |
|
PDF
A420040013.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran konsep klasifikasi dan keanekaragaman tumbuhan lumut pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun ajaran 2007 / 2008 dengan menggunakan strategi STAD. Data hasil belajar biologi diambil dengan observasi, catatan lapangan dan tes. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Data hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata – rata sebesar dari segi kognitif siswa sebesar 4, 83, dan rata – rata siklus I meningkat menjadi 6,43, rata – rata siklus II meningkat 7,33. dan rata – rata siklus III meningkat menjadi 8, 6. Dan rata – rata hasil belajar dari segi afektif siklus I 27,23, rata – rata siklus II meningkat menjadi 35,43, dan rata – rata siklus III meningkat menjadi 42, 98. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun ajaran 2007 / 2008.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, Strategi STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 May 2009 06:57 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 10:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1192 |
Actions (login required)
View Item |