KUALITAS FRUITGHURT HASIL FERMENTASI KULIT PISANG (Musa paradisiaca) oleh Lactobacillus bulgaricus dengan KONSENTRASI yang BERBEDA

SETYOWATI , LILIS (2011) KUALITAS FRUITGHURT HASIL FERMENTASI KULIT PISANG (Musa paradisiaca) oleh Lactobacillus bulgaricus dengan KONSENTRASI yang BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Fruitghurt merupakan produk fermentasi sari buah. Penelitian ini menggunakan sari kulit pisang sebagai bahan utama pembuatan fruitghurt. Kandungan glukosa yang masih cukup tinggi dalam kulit pisang ini merupakan salah satu komponen utama dalam fermentasi asam laktat. Fermentasi pada pembuatan fruitghurt sari kulit pisang menggunakan starter Lactobacillus bulgaricus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas organoleptik hasil fermentasi fruitghurt dari kulit pisang oleh Lactobacillus bulgaricus. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktor tunggal. Faktor tersebut yaitu pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus yang berbeda dengan 4 taraf perlakuan 3 kali ulangan. Masing-masing perlakuan menggunakan konsentrasi 0% (tanpa Lactobacillus bulgaricus sebagai kontrol), 1%, 2% dan 3%. Proses fermentasi fruitghurt selama 24 jam. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan uji kualitas organoleptik. Uji organoleptik dilakukan dengan uji panelis. Hasil uji organoleptik berupa data angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus yang berbeda sangat berpengaruh terhadap kualitas organoleptik fruitghurt kulit pisang. Fruitghurt kulit pisang yang dihasilkan dari penelitian yang paling diterima pada pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus 3% dari 250 ml sari kulit pisang (perlakuan F3) yaitu warna agak cokelat, rasa enak, aroma khas fruitghurt, tekstur kental, dan daya terima suka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-015
Uncontrolled Keywords: kulit pisang, fruitghurt, Lactobacillus bulgaricus, uji organoleptik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 03:18
Last Modified: 28 Apr 2011 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item