PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

WIDYAYANTI , IKA (2011) PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PTK di Kelas VIIIH SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur analisis interaktif. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga siklus.  Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Adapun peningkatan Kualitas proses dan hasil belajar biologi yaitu: (1) Nilai rata-rata motivasi belajar para siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap siklus semakin meningkat dari 3,10 di siklus pertama menjadi 3,67 pada siklus terakhir (2) Nilai rata- rata keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar setiap siklus meningkat dari 3,24 pada siklus pertama meningkat menjadi 3,67 pada siklus akhir. (5) Prestasi belajar nilai rata-rata kelas setiap siklus meningkat dari 6,2 sebelum penelitian meningkat menjadi 7,64 memenuhi ketuntasan nilai rata- rata kelas ≥ 7. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan variasi metode pembelajaran berbasis Joyful learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: joyful learning, kualitas proses, kualitas hasil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 03:12
Last Modified: 28 Apr 2011 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item