UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 WADUNGGETAS KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUYATI , SUYATI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 WADUNGGETAS KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
1._SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Globalisasi dapat membawa dampak negatif bagi anak, diantaranya anak bersifat individual, kepedulian terhadap orang lain menipis. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk meningkatkan sikap demokratis dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap orang lain. 2). Untuk meningkatkan keberanian bertanya dan mengemukakan pendapat, 3). Untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Wadunggetas Wonosari, Klaten dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu tahap Perencanaan., Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Siklus dihentikan jika konsentrasi hasil belajar telah mencapai 75% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Wadunggetas Wonosari, Klaten yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan sikap demokratis, kepedulian sosial, dan keberanian bertanya. Nilai rata-rata kelas yang semula 63 pada pra tindakan menjadi 68 pada siklus I. Peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat dari 68 menjadi 72. Adapun peningkatan dari siklus II ke siklus III dari 72 menjadi 76. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan kerjasama kelompok yang akhirnya berdampak meningkatnya hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Wadunggetas, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran model jigsaw, IPS, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 03:29
Last Modified: 27 Apr 2011 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item