Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Lansia Melalui Pengajian Malam Jumat Di Masjid Alit Ki Ageng Gribig Jatinom Klaten

Salamun, Salamun and -, Dr. Muh. Nur Rochim Maksum, S.Pd.I., M.Pd.I and -, Hakimuddin Salim, Lc, MA, Ph.D (2023) Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Lansia Melalui Pengajian Malam Jumat Di Masjid Alit Ki Ageng Gribig Jatinom Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (730kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (870kB)

Abstract

Keberadaan pengajian majelis taklim di masjid dalam masyarakat benar-benar menjadi wadah kegiatan bagi lansia, dengan nilai-nilai positif pengajian yang bermanfaat bagi kehidupan sosial. Perbedaan diantara mereka tidak menjadikan halangan untuk saling mengenal dan berkomunikasi satu sama lain. Meskipun demikian masih banyak lansia yang enggan mengikuti kegiatan pengajian majelis taklim, tanpa disadari, mereka telah mengabaikan kewajiban menuntut ilmu, sehingga mereka lalai akan hal itu, serta kurangnya kesadaran mereka dalam menumbuhkan nilai-nilai agama dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai pendidikan Islam melalui pengajian malam jumat di Masjid Alit ki ageng Gribig Jatinom, Klaten dan dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui pengajian malam jumat bagi lansia di Desa Jatinom, Kecamatan Jatinom, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini yaitu takmir Masjid Alit ki ageng Gribig Jatinom Klaten, ustadz/ustadzah, dan lansia jamaah pengajian malam jumat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Internalisasi nilai pendidikan Islam melalui pengajian malam Jumat di Masjid Alit Ki Ageng Gribig dilaksanakan dengan langkah-langkah meliputi pemilihan materi pengajian, pemilihan ustadz, pelaksanaan pengajian secara interaktif, penggunaan metode beragam seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek, penerimaan dan pemahaman materi, serta penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. (2) Dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui pengajian malam Jumat bagi lansia di Desa Jatinom sangat positif. Dampak tersebut meliputi penguatan nilai-nilai moral, peningkatan spiritualitas, pengelolaan emosi, peningkatan pengetahuan agama Islam, motivasi untuk berbuat baik, penguatan identitas keagamaan, pertumbuhan mental, dukungan sosial, pemahaman tentang kematian, dan peningkatan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: internalisasi, nilai pendidikan Islam, lansia
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: SALAMUN
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:14
Last Modified: 23 Nov 2023 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/118882

Actions (login required)

View Item View Item