UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SUMBEREJO KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ISTIQOMAH , HARYANI (2010) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 SUMBEREJO KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
1._SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)

Abstract

Tujuan pendidikan ini adalah : 1) Untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan media gambar. 2) Untuk melatih ketrampilan menulis permulaan sehingga anak memiliki pengetahuan dasar yang tepat dalam pembelajaran menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan hasil belajar 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 13 siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Kecamatan Klaten Selatan Kabupatan Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata dari 65,8 pada pra tindakan menjadi 69,2 pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 69,2 menjadi 72,3. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus II ke siklus III meningkat menjadi 75,8. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran media gambar dapat meningkatkan ketrampilan menulis permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar, ketrampilan menulis permulaan, meningkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 10:06
Last Modified: 26 Apr 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item